Jakarta (ANTARA) - Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA tampilkan wajah baru pada laman ANTARANews.com yang peluncuran awalnya dilakukan bersamaan dengan perayaan Hari Ulang Tahun ke-86 LKBN Antara.

Direktur Utama LKBN Antara Akhmad Munir mengatakan wajah baru sengaja dihadirkan sebagai langkah perusahaan yang ingin tetap relevan dengan perkembangan media dan teknologi.

"Kami meluncurkan wajah baru ANTARA dengan harapan langkah ini dapat sejalan mengikuti perkembangan dan keinginan masyarakat. Sehingga ANTARA terus relevan dengan zaman dan menjadi sumber rujukan terpercaya bagi masyarakat dalam mengakses informasi," kata Akhmad Munir di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Wapres: Berkat ANTARA berita kemerdekaan RI tersebar ke penjuru dunia

Peluncuran wajah baru laman web ANTARANews.com ini ditandai secara simbolis oleh Direktur Utama LKBN Antara Akhmad Munir, Ketua Dewan Pengawas LKBN ANTARA Kemal E. Gani, Direktur Pemberitaan LKBN Antara Irfan Junaedi dan Ketua Tim Perwajahan Baru ANTARA Suryanto dengan menekan tombol digital.
 
Ketua Tim Perwajahan Baru LKBN Antara Suryanto menjelaskan tampilan baru dalam HUT ke-86 LKBN Antara di Wisma Antara B, Jakarta Pusat, Rabu (13/12/2023). (ANTARA)


Ketua Tim Perwajahan Baru ANTARANews.com Suryanto menjelaskan ada lima hal yang dihadirkan dalam wajah baru ANTARA kali ini.

Pertama, konsep desain "Clean" yang meminimalisir gangguan-gangguan pembaca dalam menikmati konten ANTARA, sehingga pengunjung akan lebih nyaman.

Kedua "Simpel", dalam wajah baru kali ini ANTARA menyederhanakan navigasi untuk mengakomodir budaya generasi masa kini yang menginginkan solusi simpel dan praktis.

Lalu konsep ketiga ialah "Fokus", artinya konten ANTARA ditampilkan dalam visualisasi yang lebih besar dan mencolok diharapkan dapat membuat pembaca lebih tertarik dengan berita yang dihadirkan ANTARA.
 
Tangkapan layar tampilan baru situs web ANTARA yang diluncurkan dalam HUT ke-86 LKBN Antara di Wisma Antara B, Jakarta Pusat, Rabu (13/12/2023). (ANTARA)


Konsep selanjutnya ialah "Kekinian", dalam beberapa produk ANTARA sengaja dihadirkan visual yang menarik dan mengadopsi desain-desain populer.

Terakhir ialah "Personalized", artinya setiap pengunjung yang terdaftar bisa mendapatkan konten-konten yang disukainya secara otomatis dan tentunya dapat sesuai dengan preferensi pengguna.

Khusus HUT ke-86 ANTARA, dihadirkan juga tampilan spesial berupa Doodle sebagai lambang komitmen ANTARA bagi masyarakat Indonesia.

"Doodle seekor kupu-kupu endemik Indonesia hadir di samping logo ANTARA yang menandakan komitmen dan peran strategis ANTARA dalam menjaga dan merawat Nusantara menuju kejayaan Indonesia," ujar Suryanto yang juga menjabat sebagai Redaktur Pelaksana III LKBN Antara.

Baca juga: LKBN ANTARA Kalbar tanam 860 pohon di batas negeri

Baca juga: Menkominfo harap ANTARA dapat konsisten wartakan informasi akurat

Baca juga: Haedar Nashir harap ANTARA jadi aktor yang mencerahkan bangsa

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023