Kami menjadi satu-satunya event yang menerapkan aplikasi digital. Konsep ini belum diterapkan oleh Kadin di daerah lain
Solo (ANTARA) - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Surakarta berhasil meraih penghargaan Kadin Impact Award 2023 karena penerapan digitalisasi pada penyelenggaraan Solo Great Sale (SGS) 2023.

Ketua Kadin Kota Surakarta Ferry Septha Indrianto di Solo, Jawa Tengah, Rabu, mengatakan selama pelaksanaan Solo Great Sale pada Oktober 2023, Kadin menerapkan aplikasi SGS Go.

SGS Go merupakan wadah jual beli atau marketplace. Pada aplikasi tersebut konsumen dapat mengakses berbagai produk dengan potongan harga selama penyelenggaraan SGS.

Ia mengatakan dengan diperolehnya penghargaan tersebut merupakan tanda bahwa SGS tercatat sebagai acara terbaik di skala nasional.

"Kami menjadi satu-satunya event yang menerapkan aplikasi digital. Konsep ini belum diterapkan oleh Kadin di daerah lain," katanya.

Terkait dengan penyelenggaraan SGS, ia berharap agar dapat terus terselenggara setiap tahun dan dapat dimanfaatkan sebagai ajang promosi produk asal Kota Solo.

"SGS sudah diselenggarakan sebanyak sembilan kali. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh stakeholder dari semua sektor usaha. Kegiatan ini juga didukung penuh oleh Pemkot Surakarta," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Ketua Kadin Kota Surakarta Farid Sunarto mengatakan sebetulnya aplikasi SGS Go belum dapat sepenuhnya menjawab kebutuhan masyarakat, baik penjual maupun pembeli. Meski demikian, dengan adanya aplikasi tersebut setidaknya Kadin sudah berupaya masuk ke ekosistem digital.

Menurut dia, kemajuan digitalisasi tidak dapat dikesampingkan sehingga Kadin berupaya untuk terus beradaptasi dengan kondisi saat ini.

Baca juga: Kadin Surakarta kembangkan pariwisata daerah melalui kereta api

Baca juga: Kadin Surakarta siap membawa UMKM naik kelas

 

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023