Jakarta (ANTARA) - Anggota grup idola K-pop SHINee, Choi Minho, dan aktor Korea Selatan Lee Dong Wook terpilih menjadi wajah dan Olympic Friends untuk Olimpiade Remaja Musim Dingin (Youth Winter Olympic) 2024 Gangwon.

“Saya berharap Gangwon 2024 akan menjadi festival di mana tidak hanya para atlet tetapi seluruh generasi muda dapat menikmati budaya dan olahraga,” kata Lee, dikutip dari laman resmi Olimpiade, Rabu.

Adapun Olympic Friends adalah program baru yang dibuat oleh Komite Olimpiade Internasional (IOC) untuk memungkinkan tokoh-tokoh terkenal dari luar dunia olahraga bergabung dengan Gerakan Olimpiade dan menyebarkan nilai-nilai Olimpiade.

Lee sendiri sudah tidak asing lagi dengan Olimpiade, mengingat ia pernah menjabat sebagai duta Olimpiade Musim Dingin dan Paralimpiade 2018 PyeongChang.

Ia adalah aktor yang mempromosikan budaya Korea Selatan di seluruh dunia melalui film-filmnya dan popularitasnya semakin didukung dengan memiliki 17 juta pengikut di Instagram.

Sementara, Minho SHINee selain merupakan salah satu tokoh K-pop terkenal, ia juga merupakan seorang olahragawan yang rajin di waktu senggangnya dan sering menekankan manfaat olahraga dalam wawancara.

“Olimpiade mempraktikkan nilai-nilai keunggulan, persahabatan, dan rasa hormat. Selain itu, Youth Olympic Games membantu generasi muda bersaing, belajar, dan berbagi bersama," ujar Lee.

Baca juga: IOC izinkan Rusia berkompetisi di Olimpiade Paris sebagai atlet netral

Dalam hal peran individu mereka di Gangwon 2024, Lee adalah sukarelawan kehormatan pada upacara pelantikan sukarelawan. Sementara, Minho mengambil bagian sebagai pelari obor di Chuncheon, Gangwon-do.

Sementara itu, Gangwon 2024 akan diadakan mulai 19 Januari hingga 1 Februari tahun depan dan merupakan Olimpiade Remaja Musim Dingin pertama di Asia.

Selain mempromosikan olahraga sebagai metode untuk mencapai kesehatan raga dan jiwa, program budaya dan pendidikan akan memperluas pengalaman atlet muda di Olimpiade.

Gangwon pun diharapkan menjadi Olimpiade Remaja Musim Dingin terbesar yang pernah ada dengan lebih dari 1.900 atlet dan 80 negara yang berpartisipasi.

Baca juga: Prancis lakukan pemeriksaan layanan hotel jelang Olimpiade
Baca juga: Pemerintah Prancis tetap laksanakan upacara Olimpiade di Sungai Seine


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023