Kendari (ANTARA News) - Pemerintah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), masih membutuhkan tambahan pegawai negeri sipil (PNS) bidang tenaga teknis.

Kepala Bagian Organisasi dan Tata Laksana (Ortala) Kota Kendari, Ana Susanti, di Kendari, Rabu, mengatakan bahwa saat ini pemerintah kota masih membutuhkan tambahan PNS bidang teknis seperti tenaga kesehatan dan guru.

"Sebenarnya kalau dianalisa untuk kebutuhan PNS kita, masih sangat dibutuhkan seperti guru, tenaga kesehatan, dan juga tenaga IT komputer," katanya.

Sementara untuk tenaga administrasi, katanya, Pemkot Kendari sudah kelebihan sehingga banyak PNS bidang administrasi yang kesannya tidak terlalu difungsikan.

Menurutnya, analisis PNS yang telah dilakukannya sudah sesuai dengan kebutuhan di bidang teknis, meskipun tidak menyebutkan berapa jumlah pastinya, namun demikian pihak Pemerintah Kota Kendari tidak mempunyai kesempatan untuk mengusulkan tambahan PNS tahun 2013.

"Keputusan pemerintah pusat sudah keluar tahun 2013 daerah ini tidak bisa melakukan seleksi untuk PNS karena belanja pegawai kita melebihi 60 persen, sehingga masih harus bersabar," ujarnya.

Ia juga menambahkan usulan belanja pegawai yang diberikan kepada pemerintah pusat harusnya disesuaikan dengan jumlah penduduk Kota Kendari yang ada saat ini.

"Kalau merujuk pada data yang baru seharusnya kita sudah bisa mendapatkan kesempatan untuk melakukan seleksi, hanya saja pengusulan yang dilakukan baru-baru ini menggunakan data penduduk pada tahun 2011," katanya. 

Pewarta: Azis Senong
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2013