Purwokerto (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, meraih penghargaan Kabupaten dan Kota (KaTa) Kreatif Indonesia 2023 untuk kategori seni pertunjukan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Penjabat (Pj) Bupati Banyumas Hanung Cahyo Saputro di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Kamis mengatakan penghargaan KaTa Kreatif Indonesia 2023 kategori seni pertunjukan yang diterima Pemkab Banyumas itu merupakan bukti pengakuan dan kebanggaan bersama.

Selain itu, kata dia, penghargaan tersebut menunjukkan komitmen kuat masyarakat Kabupaten Banyumas dalam menggali potensi sektor seni pertunjukan.

“Penghargaan KaTa Kreatif ini menjadi motivasi bagi Kabupaten Banyumas untuk terus berinovasi dan mengembangkan potensi kreatif di berbagai bidang, termasuk ekonomi, budaya, kuliner, serta industri kreatif lainnya,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Banyumas Setia Rahendra mengatakan penetapan kabupaten kreatif di tingkat nasional akan diteruskan dengan pendaftaran pada program KaTa Kreatif Dunia yang dikembangkan oleh Kemenparekraf.

Baca juga: Sleman raih penghargaan "KaTa Kreatif 2023" dari Kemenparekraf

Baca juga: Bupati: Event Gumuk Pasir upaya kembangkan Bantul kabupaten kreatif


Menurut dia, program tersebut merupakan langkah awal untuk menuju pendaftaran Jaringan Kota Kreatif UNESCO (UNESCO Creative Cities Network/UCCN) 2023.

“Selain Banyumas, kabupaten/kota yang meraih penghargaan, yaitu Kabupaten Batang dan Sleman serta Kota Makassar dan Pangkalpinang," katanya.

Ia mengatakan penghargaan KaTa Kreatif bertujuan memperkuat kolaborasi dari seluruh kabupaten/kota kreatif untuk berjejaring agar dapat saling memperkuat potensi ekonomi kreatif serta memperluas pasar, sehingga ruang untuk berinovasi, adaptasi, dan kolaborasi makin terbuka luas.

Menurut dia, penghargaan tersebut diperoleh setelah melalui beberapa tahapan pengisian kuesioner, wawancara, dan uji petik di lapangan dengan para pelaku ekonomi kreatif di Kabupaten Banyumas beberapa waktu lalu.

"Penghargaan KaTa Kreatif merupakan langkah awal dalam mewujudkan Banyumas sebagai kabupaten kreatif yang mampu membawa perubahan dan peningkatan dalam sektor seni pertunjukan ke kancah internasional," kata Rahendra.

Penghargaan KaTa Kreatif Indonesia 2023 berupa surat keputusan dan platkat kategori seni pertunjukan itu diserahkan secara langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin kepada Pj Bupati Banyumas Hanung Cahyo Saputro di Bandung, Jawa Barat, Rabu (13/12).

Baca juga: Menparekraf hadirkan workshop KaTa Kreatif di Kabupaten Bintan

 

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023