Samarinda (ANTARA News) - Sebanyak 672 unit kapal siap melayani warga Kaltim yang ingin mudik lebaran, baik pemudik yang menempuh perjalanan antarpulau, lintas kabupaten, maupun perjalanan dalam kabupaten dan kota.

"Kapal-kapal tersebut merupakan armada milik pengusaha kapal swasta dan milik PT Pelabuhan Nasional Indonesia (Pelni) yang beroperasi di wilayah Kaltim," ujar Kepala Dinas Perhubungan Kaltim H Zairin Zain di Samarinda, Rabu.

Jenis kapal penumpang dan kapal ferry jumlahnya sebanyak 12 unit, angkutan laut 71 unit, dan untuk penyeberangan lintas kabupaten dan angkutan dalam kota sebanyak 589 unit.

Untuk kapal dengan trayek Balikpapan - Mamuju (Sulsel) terdapat dua kapal dengan satu trip per hari. Kapal ini mampu mengangkut sebanyak 356 penumpang dan 31 kendaraan (roda empat) per hari.

Kemudian rute Balikpapan - Taipa (Sulteng) ada satu kapal yang berangkat dua kali dalam satu bulan, jenis ini mampu mengangkut 368 penumpang dan 17 kendaraan per sekali angkut.

Kemudian rute Karingau - Penajam terdapat delapan kepal ferry dengan trip 112 kali, daya angkutnya 26.880 penumpang dan 20 kendaraan per kapal yang dapat diangkut setiap hari.

Untuk trayek Tarakan - Toli-toli terdapat satu kapal yang mampu mengangkut penumpang sebanyak 356 ditambah 22 kendaran. Rute ini hanya ada satu bulan dua kali.

Kemudian kapal dari PT Pelni yang singgah di Pelabuhan Balikpapan, Samarinda, Tarakan, dan Nunukan terdapat enam unit. Kapal yang total berkapasitas 13.426 penumpang ini untuk melayani mudik lebaran ke Pulau Jawa dan Pulau Sulawesi.

Selanjutnya kapal penumpang milik swasta yang singgah di Pelabuhan Balikpapan, Samarinda, dan Nunukan terdapat 14 unit. Kapal yang total berkapasitas 15.363 ini juga untuk melayani arus mudik tujuan Sulawesi dan Pulau Jawa.

Berikutnya jenis speed boat atau long boat terdapat 51 unit. Jenis ini singgah dan mengangkut penumpang di Pelabuhan Tarakan, Nunukan, Malinau, Tanjung Selor, Pulau Bunyu, Tidung Pala, Ancam, Pimping, Sungai Nyamuk, dan Tawau di Malaysia Timur. Sedangkan total penumpang yang dapat diangkut sebanyak 37.754 orang.

Khusus untuk angkutan kapal lintas kabupaten maupun kota terdapat 183 kapal. Jumlah penumpang yang dapat diangkut sebanyak 820 orang ditambah barang dengan berat 306 ton per hari.

Kemudian angkutan kapal dalam kabupaten dan kota tedapat 396 unit. Kapal ini dapat mengangkut dengan kapasitas 4.355 penumpang ditambah barang dengan bobot 40 ton per hari.

Khusus untuk angkutan penyeberangan di Kaltim terdapat 12 kapal, yakni dapat mengangkut sebanyak 27.960 penumpang ditambah 232 kendaraan roda empat per hari.








Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013