tapi dia juga tidak mau tunjuk hidung
Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Benny Rhamdani, mengatakan Prabowo Subianto bisa saja mengungkapkan siapa orang yang diduga sebagai pelaku penculikan aktivis 1998 saat menjawab pertanyaan Ganjar Pranowo saat debat pertama capres Pemilu 2024.

Saat debat di Kantor KPU RI Jakarta, Selasa malam (12/12), Prabowo tidak menjawab dengan jelas pertanyaan Ganjar tentang keberadaan makam 13 korban insiden penghilangan paksa pada tahun 1998. Prabowo memilih untuk mengalihkan substansi dari pertanyaan Ganjar tersebut.

"Di satu sisi, dia menghindar, tapi dia juga tidak mau tunjuk hidung. Sederhananya, dia kan bisa meminta maaf kepada masyarakat, kepada keluarga korban," kata Benny dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Pengamat soroti sikap Anies bawa korban HAM di debat capres 

Benny menilai Ganjar sangat layak mempertanyakan hal tersebut kepada Prabowo, karena peristiwa penculikan aktivis di tahun 1998 itu melibatkan Tim Mawar di mana Prabowo merupakan penanggung jawabnya.

"Ketika Ganjar menanyakan di mana makam para aktivis 98 yang dulu diculik dan dibunuh akhirnya tidak pernah kembali ke keluarganya, itu adalah pertanyaan seorang pemimpin. Pak Prabowo tidak bisa menjawab," tambah Benny.

Peristiwa penculikan oleh Tim Mawar itu sudah naik ke pengadilan militer. Kemudian, Prabowo, sebagai penanggung jawab tim itu, lalu dipecat melalui pengadilan militer.

"Jadi, penyataan itu wajar disampaikan kepada Prabowo. Kalau dia tidak mengakui, dia kan tinggal sebut saja siapa pelakunya. Prabowo tinggal 'tunjuk hidung'," ucap Benny.

Baca juga: Pegiat HAM nilai gagasan capres pada debat pertama tertutup "gimmick"

Dia juga menilai sikap Prabowo menunjukkan tidak adanya rasa empati kepada keluarga korban yang telah kehilangan anak maupun saudara dalam tragedi 26 tahun silam.

Selain itu, sikap Prabowo juga menunjukkan tak ada empati kepada publik. Prabowo, menurut Benny, bahkan membandingkan penghilangan para aktivis itu seperti orang yang hilang di pasar.

Prabowo pun mengenalkan sejumlah aktivis 98 yang saat ini mendukungnya, seperti Budiman Sudjatmiko, Agus Jabo, Fahri Hamzah, dan sejumlah aktivis lainnya. Benny menilai Prabowo ingin menggambarkan bahwa teman-teman yang dulu diculik tidak marah dan bahkan mendukung dirinya.

Kemudian, lanjut Benny, Prabowo mengaitkan tragedi penculikan itu tidak mempengaruhi elektoralnya sebagai capres. Benny pun menilai ide dan gagasan Prabowo kurang membangun Indonesia di masa depan.

Baca juga: Panelis: Presiden terpilih harus bentuk pengadilan HAM

Dalam debat pertama capres Pemilu 2024 di Kantor KPU RI, Jakarta, Selasa (12/12), Ganjar sempat bertanya ke Prabowo mengenai komitmennya untuk menyelesaikan kasus pelanggaran HAM berat masa lalu.

Pertanyaan tersebut pun langsung dijawab Prabowo dengan mengatakan dirinya sudah berkali-kali memberikan jawaban.

"Apa lagi yang mau ditanya kepada saya? Saya sudah jawab berkali-kali. Tiap lima tahun, kalau polling saya naik, ditanya lagi soal itu," kata Prabowo.

Dia lalu meminta agar kasus pelanggaran HAM berat masa lalu tidak dipolitisasi.

"Jadi, masalah HAM jangan dipolitisasi, Mas Ganjar," kata Prabowo.

Baca juga: Ganjar nilai Prabowo tak tegas soal kasus HAM di masa lalu

Debat pertama capres Pemilu 2024, Selasa, digelar dengan mengangkat tema pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Debat diikuti tiga pasangan capres-cawapres, yakni nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Rangkaian debat akan dilanjutkan pada 22 Desember 2023, 7 Januari 2024, 21 Januari 2024, dan 4 Februari 2024.

Baca juga: Prabowo: Jangan politisasi isu pelanggaran HAM 

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023