Kemudian bantuan peralatan kantor, InFocus, AC, laptop, dan 100 Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS) bagi TNI yang bertugas di Kabupaten Puncak Jaya dan Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua Tengah
Jayapura (ANTARA) - Kementerian Sosial (Kemensos) RI menyerahkan bantuan hibah empat unit kendaraan roda empat kepada lembaga keagamaan yakni Gereja Kristen Injili (GKI), Gereja Injili di Indonesia (GIDI) dan Keuskupan Jayapura serta Gereja Kemah Injili (Kingmi), di Tanah Papua, Kamis.

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini di Jayapura, Kamis, mengatakan pihaknya juga memberikan bantuan ternak babi besar dan masing-masing gereja mendapat lima babi.

"Kemudian bantuan peralatan kantor, InFocus, AC, laptop, dan 100 Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS) bagi TNI yang bertugas di Kabupaten Puncak Jaya dan Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua Tengah," kata Mensos Risma.

Baca juga: Mensos pantau pelaksanaan operasi katarak gratis di Jayapura

Dalam kesempatan itu Mensos Risma juga menyerahkan bantuan kewirausahaan sosial bagi delapan pelaku usaha di Jayapura, dengan masing-masing mendapatkan Rp5 juta.

Menurut Mensos Risma, bantuan yang diserahkan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat sehingga betul-betul bermanfaat bagi warga di daerah tersebut.

Sementara untuk bantuan 100 PJUTS, kata dia, nantinya akan dipasang oleh Polres dan Kodim setempat pada lokasi yang masih minim penerangan.

Baca juga: Mensos: TNI berperan kirim bantuan kemanusiaan ke warga Puncak Papua

"Jadi ketika lampu ini dikirim, maka tinggal waktunya pemasangan akan diatur oleh TNI-Polri," ujar Mensos Risma.

Sementara itu Wakil Ketua I Sinode GKI di Tanah Papua Hizkiah Rollo mengatakan bantuan yang diserahkan saat ini yakni empat kendaraan dengan fasilitas pendukung lainnya dikirim ke daerah pegunungan.

"Karena berdasarkan informasi yang diterima dari pemerintah daerah bahwa terjadi gagal panen sehingga mengakibatkan bencana kelaparan," katanya. Pihaknya berharap dengan adanya bantuan tersebut dapat membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan.

Baca juga: Tunjang aktivitas pendidikan, Mensos beri 100 sepeda untuk anak Papua

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023