Jakarta (Antara News) - Pasangan ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir mendapat hasil undian cukup menguntungkan pada Kejuaraan Dunia 2013. 

Tontowi/Liliyana yang diunggulkan di tempat ketiga, berpeluang besar melaju ke partai puncak dan meraih gelar juara.
 
"Saya rasa hasil undian Tontowi/Liliyana cukup menguntungkan. Lawan-lawan yang kerap menyulitkan ada di pool atas, seperti Nielsen/Pedersen," kata Kepala Pelatih Ganda Campuran PBSI Richard Mainaky dalam badmintonindonesia.org, Rabu.
 
Pada daftar undian yang dirilis Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF), Senin lalu, dua musuh bebuyutan Tontowi/Liliyana berada di pool yang berbeda. 

Pasangan Denmark, Joachim Fischer Nielsen/Christinna Pedersen (Denmark) dan Xu Chen/Ma Jin asal Cina berada di pool atas dan diperkirakan tidak akan bertemu Tontowi/Liliyana sebelum babak semifinal. Rekor pertemuan Tontowi/Liliyana atas kedua pasangan tersebut terbilang kurang bagus.
 
Tontowi/Liliyana sudah tiga kali dikalahkan Fischer/Nielsen, termasuk di hadapan publik Istora Senayan pada turnamen Superseries Premier Indonesia Terbuka 2013 lalu. Rekor pertemuan diungguli Fischer/Nielsen dengan skor 3-1.
 
Sementara kontra Xu/Ma, Tontowi/Liliyana tercatat enam kali menyerah di tangan pasangan ranking satu dunia tersebut. Meski kalah dengan skor pertemuan 3-6, Tontowi/Liliyana mampu meraih kemenangan pada pertemuan terakhir di Piala Sudirman 2013 lalu.
 
Ganda campuran Indonesia lainnya, Fran Kurniawan/Shendy Puspa Irawati juga berada di pool yang sama dengan Tontowi/Liliyana. Keduanya berpeluang bertemu di putaran ketiga. Pemenang dari pertarungan ini kemungkinan besar akan ditunggu unggulan kelima, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying dari Malaysia.
 
"Hasil undian di ganda campuran tidaklah seberat tunggal putra. Apalagi Tontowi/Liliyana sudah bisa tampil stabil di event-event besar," ujar Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI, Rexy Mainaky.

Indonesia menurunkan 28 pemain pada turnamen yang mempertemukan pebulu tangkis terbaik dunia. Nomor ganda campuran menjadi salah satu nomor yang paling dunggulkan untuk bisa memboyong gelar juara.

Pewarta: Monalisa
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013