Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) Erick Thohir menyambut positif turnamen Nusantara Open 2023 karena melibatkan tim-tim dari Elite Pro Academy (EPA) yang saat ini membutuhkan jam terbang lewat pertandingan.

Nusantara Open U-17 2023 merupakan turnamen yang diprakarsai oleh Akademi Sepak Bola Garudayaksa akan berlangsung di Komplek Garudayaksa, Jalan Cisaat, Setu, Bekasi.

"Saya positif karena Pak Prabowo mengajak Elite Pro Academy (EPA), karena di Liga itu sekarang, tidak hanya menyiapkan tim senior, tetapi pembinaan pemain harus dari muda. Elite Pro Academy ini perlu pertandingan banyak, tidak hanya dibentuk, tapi tidak ada pertandingan. Terimakasih Pak Prabowo, Elite Pro Academy punya turnamen yang konsisten setiap tahun," kata Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

Turnamen ini rencananya digelar mulai tanggal 14 sampai 21 Desember. Turnamen Nusantara Open 2023 akan berlangsung dengan durasi 2x30 menit. Masing-masing tim dapat mendaftarkan pemain sebanyak 23 pemain ditambah lima ofisial. Kompetisi ini akan menggunakan sistem pergantian pemain sebanyak tiga slot dengan maksimal tujuh pemain.

"Jadi, pemuda-pemuda di depan saya ini (peserta), saya berharap bahwa juga nanti PSSI akan membina tim-tim pemudi, tim-tim perempuan kita, dan harus ada nanti Nusantara Open untuk perempuan supaya kaum perempuan juga akan tampil," kata Ketua Dewan Pembina Akademi Garudayaksa Prabowo Subianto.

Baca juga: Prabowo buka Nusantara Open yang diharap munculkan pemain bertalenta
Baca juga: Menpora dukung penyelenggaraan turnamen Nusantara Open 2023
Baca juga: Nusantara Open 2023 bawa misi edukasi regulasi EPA


16 tim yang akan bersaing di Nusantara Open edisi kedua ini di antaranya Persib Bandung, Rans Nusantara FC, Arema FC, Borneo FC Samarinda, Garudayaksa Academy, PSS Sleman, Bali United FC, PSLS Lhoukseumawe.

Selain itu, Persija Jakarta, Maluku Utara Selection, Bhayangkara Presisi Indonesia, PSM Makassar, ASIOP, Persis Solo, PSIM Semarang, serta Bintang Timur Atambua.

Masing-masing tim yang tersebar dalam empat grup akan bermain sebanyak tiga kali untuk memperebutkan rangking. Tim yang berada di rangking satu dan dua lanjut ke fase knockout pada babak delapan besar, semi final, hingga grand final.

Nusantara Open 2023 total memperebutkan hadiah sebesar 2,5 miliar Rupiah yang terbagi juara pertama memperoleh 1 miliar Rupiah, juara kedua meraih 750 juta Rupiah dan semifinalis memperoleh hadiah 500 juta Rupiah.

 

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023