Hong Kong (ANTARA) - Kunjungan pesawat penumpang buatan dalam negeri China, C919 dan ARJ21, ke Daerah Administratif Khusus (Special Administrative Region/SAR) Hong Kong merupakan hal yang sangat penting dan menunjukkan dukungan China terhadap sektor penerbangan Hong Kong, demikian disampaikan Kepala Eksekutif SAR Hong Kong John Lee pada Rabu (13/12).

Kedua pesawat tersebut tiba di Bandar Udara Internasional Hong Kong pada Selasa (12/12) sore waktu setempat. Untuk C919, pesawat jet besar buatan dalam negeri pertama China yang telah menerima lebih dari 1.000 pesanan, ini menjadi penerbangan perdananya ke luar China Daratan.
 
  John Lee, kepala eksekutif Daerah Administratif Khusus Hong Kong (HKSAR) Tiongkok, berpidato pada upacara penyambutan kunjungan pesawat penumpang buatan Tiongkok C919 dan ARJ21 ke HKSAR di Bandara Internasional Hong Kong di Hong Kong, Tiongkok selatan, 13 Desember , 2023. (Xinhua/Chen Duo)

Saat berpidato dalam upacara penyambutan di bandara pada Rabu itu, Lee mengatakan bahwa pengembangan kedua pesawat tersebut merupakan tonggak sejarah penting dalam industri manufaktur penerbangan China, yang menunjukkan status terdepan negara itu dalam manufaktur alat transportasi laut, darat, dan udara.   

Sebagai pusat penerbangan global, Hong Kong mengerahkan berbagai upaya untuk memulihkan kapasitas bandara pascapandemi, tutur Lee, seraya menambahkan bahwa sebuah konferensi internasional tentang penerbangan akan diselenggarakan pada pekan ini di kota tersebut.

Hong Kong juga berpartisipasi dalam sertifikasi dan evaluasi kedua pesawat tersebut, termasuk sertifikasi pesawat dan pelatihan pilot, yang berkontribusi pada industri penerbangan China, tambah Lee.
 
  Para tamu berpose untuk foto bersama saat upacara penyambutan kunjungan pesawat penumpang buatan Tiongkok C919 dan ARJ21 ke Daerah Administratif Khusus Hong Kong (HKSAR) di Bandara Internasional Hong Kong di Hong Kong, Tiongkok selatan, 13 Desember 2023. (Xinhua/Chen Duo)

Sebagai pusat penerbangan global, Hong Kong mengerahkan berbagai upaya untuk memulihkan kapasitas bandara pascapandemi, tutur Lee, seraya menambahkan bahwa sebuah konferensi internasional tentang penerbangan akan diselenggarakan pada pekan ini di kota tersebut

Dirinya mengatakan bahwa sistem tiga-landasan pacu Bandar Udara Internasional Hong Kong diperkirakan akan rampung tahun depan.

Pesawat C919 dijadwalkan akan melakukan pertunjukan fly-past di atas Pelabuhan Victoria yang terkenal pada Sabtu (16/12), sehingga warga Hong Kong yang berada di tepi perairan itu dapat melihat sekilas pesawat baru tersebut.

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2023