Jakarta (ANTARA) - Pelatih Manchester City Pep Guardiola mengaku sangat senang dengan penampilan para pemain akademinya saat timnya menang 3-2 atas Red Star Belgrade pada laga terakhir Grup G Liga Champions di Stadion Rajko Mitic, Kamis WIB.

Pada laga itu, Pep membawa lima pemain akademinya yaitu Oscar Bobb, Micah Hamilton, Rico Lewis, True Grant, dan Mahamadou Susoho. Bobb, Hamilton, dan Lewis memulai laga sejak menit awal, sedangkan Grant dan Susoho berada di bangku cadangan.

“Selamat kepada akademi kami atas berapa banyak pemain yang muncul dan berapa banyak yang kami jual. Ini adalah pujian untuk akademi. Cole Palmer ada di sini. Romeo Lavia, James Trafford, (Gavin) Bazunu,” kata Pep, dikutip dari laman resmi klub, Kamis.

“Banyak pemain di akademi kami yang bermain di Liga Inggris atau Championship. Mereka telah melakukan hal yang luar biasa. Ini adalah kelas atas,” tambahnya.

Pelatih asal Spanyol itu kemudian melayangkan pujiannya kepada salah satu pencetak gol, Hamilton. Pesepak bola 20 tahun itu mencatatkan debutnya di Liga Champions dengan manis dengan mencatatkan namanya ke papan skor dan membuatnya menjadi pemain debutan termuda City yang mencetak gol pada laga debut.

Baca juga: Pioli fokus bawa Milan juarai Liga Europa setelah tersingkir dari UCL

Hamilton sendiri dahulunya adalah seorang ballboy pada laga kandang The Citizens melawan Crystal Palace pada 2017.

“Gol yang luar biasa dan permainan yang luar biasa. Saya sangat bahagia untuknya. Dia berlatih dengan baik dan kami melihat kemampuannya. Dia membuat gol yang fantastis. Secara defensif dia agresif,” puji Pep.

Selain pada Hamilton, mantan pelatih FC Barcelona dan Bayern Muenchen itu juga memuji pemain akademi lainnya, yaitu Susoho.

Masuk sebagai pemain pengganti untuk menggantikan Mateo Kovacic pada menit ke-76, menurut Pep, pesepak bola 18 tahun itu tampil apik di lini tengah. “Kami juga punya Mo, dia bermain sangat bagus juga,” kata Pep.

The Citizens lolos ke babak 16 besar Liga Champions dengan laju sempurna, 18 poin dari enam laga. Tim tetangga Manchester United itu akan melakoni laga terdekat, yaitu melawan Crystal Palace dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion Etihad, Sabtu (16/12) pukul 22.00 WIB.

Baca juga: Xavi tak pusingkan kekalahan 2-3 dari Royal Antwerp 
Baca juga: Dortmund dan PSG melaju ke 16 besar, AC Milan taklukkan Newcastle

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023