Jakarta (ANTARA) - Perusahaan industri telekomunikasi global, WiFi Marketing Solutions dan IOT Internet of Things (IoT) AVSystem Linkyfi memperkuat komitmen untuk mendukung laju penguatan ekonomi digital nasional melalui hadirnya solusi cerdas Data Analytics AI-Integrated WiFi Marketing Solutions, serta penguatan kolaborasi sinergis dengan para mitra.

Kemitraan yang dibangun secara kokoh tersebut selain mampu mendorong perluasan jangkauan distribusi, juga berperan kritikal dalam meningkatkan solusi WiFi Marketing yang dikembangkan guna menjawab kebutuhan beragam bisnis, termasuk industri kreatif dan hospitality agar terus mampu beradaptasi dengan dinamika digital di era yang serba terkoneksi.

"Komitmen AVSystem Linkyfi untuk pasar di Indonesia didasari oleh pemahaman yang mendalam tentang besarnya peluang yang dapat dikapitalisasi oleh para pelaku bisnis di era digital. Ini sebagai dampak dari makin meningkatnya penetrasi internet di Indonesia, serta makin menguatnya transformasi digital di berbagai sektor dan kalangan," kata Country Director Indonesia AVSystem Linkyfi Boy Naibaho dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Google akan akuisisi firma analitik

Boy menjelaskan bahwa pandemi telah mengakselerasi transformasi digital di Indonesia. Perilaku masyarakat pun mengalami perubahan yang signifikan sehingga menjadi masyarakat atau konsumen yang kian digital.

"Meskipun tantangan seperti keamanan data dan privasi semakin penting, namun peluang untuk mengoptimalkan pertumbuhan bisnis di era digital ini juga sangat besar. Pelaku bisnis di berbagai sektor industri, termasuk sektor industri kreatif dan hospitality yang mengalami pertumbuhan pesat, perlu memahami perubahan tren konsumen dan memanfaatkan solusi teknologi agar mampu beradaptasi, berinovasi, tumbuh, dan berkelanjutan," terang Boy.

Lebih lanjut dia menuturkan bahwa pemahaman terhadap perilaku konsumen beserta dengan preferensi-preferensi personal saat ini menjadi salah satu kunci keberhasilan pelaku bisnis dalam menghadirkan layanan-layanan inovatif yang dapat memperkuat loyalitas pelanggannya.

"Kami telah mengembangkan solusi WiFi Marketing berbasis analitik data yang mengintegrasikan AI. Bersama dengan mitra, kami menghadirkan solusi terkustomisasi sesuai dengan kebutuhan pelanggan yang mampu membantu bisnis memahami secara akurat kebutuhan dan preferensi personal konsumen," imbuh dia.

Solusi Data Analytics AI-Integrated WiFi Marketing dari AVSystem Linkyfi menghadirkan solusi manajemen akses WiFi publik yang menyediakan fungsionalitas portal penangkap, akses internet yang aman, wawasan pelanggan, dan kemampuan pemasaran yang terarah.

Desain jaringan WiFi melalui portal penangkap menggunakan editor perjalanan pengguna grafis. Penawaran opsi login seperti melalui media sosial, email, Google, atau kuesioner, memastikan akses terbatas kepada tamu yang menerima syarat dan ketentuan. Saat pengunjung login, solusi ini mengumpulkan data demografis dan perilaku pengguna. Algoritma AI akan mengumpulkan wawasan perilaku pengguna yang sangat diperlukan untuk meningkatkan efisiensi operasional lokasi.

Selanjutnya, analisis data personal dan perilaku pengunjung memungkinkan kampanye pemasaran yang sangat personal. Email, kupon, atau kampanye SMS yang dipersonalisasi dapat disampaikan kepada pengunjung
baru dan yang kembali pada waktu yang tepat.

Baca juga: Cloud Ace Indonesia dan Mixpanel kolaborasi tawarkan solusi analitik

Baca juga: Cloudera nilai data dan analitik jadi kunci sukses untuk perusahaan

Baca juga: UI-BPK kerja sama bidang analitik data keuangan

Pewarta: Ahmad Faishal Adnan
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023