Peningkatan pelayanan harus terus dilakukan dengan konsisten untuk mengantisipasi peningkatan lalu lintas
Jakarta (ANTARA) - PT Jasa Marga (Persero) menyiagakan sebanyak 476 unit armada operasional di seluruh jalan tol yang dikelolanya untuk memberikan pelayanan optimal pada periode libur Natal dan tahun baru.

Adapun armada operasional tersebut terdiri dari 166 kendaraan derek, 119 kendaraan Mobile Customer Service (MCS), 53 kendaraan ambulans, 38 kendaraan penyelamat, 100 kendaraan Patroli Jalan Raya (PJR).

Menurut Direktur Operasi Jasa Marga Fitri Wiyanti di Jakarta, Kamis, survei Badan Kebijakan Transportasi (BKT) Kementerian Perhubungan menyebutkan bahwa pada momentum Natal dan tahun baru diprediksi akan terjadi peningkatan mobilitas nasional mencapai 143 persen atau sebesar 44 juta orang dengan moda transportasi favorit menggunakan mobil.

Peningkatan mobilisasi ini, kata Fitri, harus diantisipasi dengan optimalisasi seluruh pelayanan baik oleh petugas hingga seluruh armada operasional dan didukung dengan koordinasi intens dengan stakeholder lintas sektoral.

"Peningkatan pelayanan harus terus dilakukan dengan konsisten untuk mengantisipasi peningkatan lalu lintas baik di gerbang tol, rest area hingga layanan preservasi, optimalisasi teknologi serta pengoperasian secara fungsional untuk beberapa ruas tol Jasa Marga Group untuk menjamin kelancaran perjalanan pengguna jalan tol," katanya.

Fitri mendorong para petugas Jasa Marga yang turut disiagakan untuk memberikan pelayanan terbaik, dengan memperhatikan aspek keamanan dan keselamatan dengan pemantauan dan pengendalian lokasi rawan kecelakaan.

Serta memitigasi risiko genangan dan longsor, dan meningkatkan perhatian pada lokasi-lokasi yang berpotensi mengalami kepadatan lalu lintas seperti objek wisata.

Dari sisi sarana pelayanan lalu lintas, jalan tol Jasa Marga Group dilengkapi dengan sistem informasi dan komunikasi yang terdiri dari 1.977 unit CCTV, 204 unit Dynamic Message Sign (DMS), 26 unit Speed Camera dan 7 unit Weigh in Motion.

Diketahui, Jasa Marga menggelar "Kick Off Jasa Marga Siaga Natal 2023 dan Tahun Baru 2024" yang diselenggarakan di Lapangan Museum Purnabhakti Pertiwi, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta pada Kamis (14/12).

Agenda "Kick Off Jasa Marga Siaga Nataru 2023/2024" dibuka dengan upacara dilanjutkan dengan penyematan pin secara simbolis oleh direksi Jasa Marga kepada Tim Jasa Marga Siaga Operasional Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Turut dilakukan penempelan stiker Jasa Marga Siaga pada armada operasional yang menandakan kesiapan Jasa Marga dalam menyiagakan petugas hingga armada operasional pada momen Libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Kemudian, direksi Jasa Marga dan para stakeholder yang hadir berkesempatan untuk melakukan peninjauan serta pengecekan armada operasional. Kendaraan operasional dari para stakeholder seperti Badan Pengelola Transpotasi Jabodetabek (BPTJ), Dinas Perhubungan (Dishub), Basarnas dan kendaraan pemadam kebakaran (damkar).


Baca juga: Jasa Marga ungkap penyebab tak usul diskon tarif tol untuk tahun baru
Baca juga: SPSL buka opsi divestasi saham Jalan Tol Cibitung-Cilincing
Baca juga: Jasa Marga: Puncak arus mudik Natal-tahun baru 22 dan 30 Desember

 

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023