Yogyakarta (ANTARA News) - Polda Daerah Istimewa Yogyakarta menyiapkan 21 pos pengamanan Lebaran 2013 untuk mengatur kelancaran arus mudik dan keamanan selama masyarakat merayakan Idul Fitri.

"Pos-pos pengamanan tersebut diutamakan didirikan di titik-titik rawan lalu lintas maupun rawan kejahatan di DIY," kata Kepala Polda DIY Brigjen Pol Haka Astana di Yogyakarta, Rabu.

Ia mengatakan jumlah pos pengamanan tersebut masih memungkinkan bertambah karena masih menunggu perkembangan di lapangan.

"Jumlah pospam ini masih bisa bertambah sesuai dengan kondisi nanti. Kemungkinan akan bertambah menjadi 30 pos tergantung kondisi yang ada," katanya.

Selain sebagai pos pengamanan, katanya, pospam itu juga difungsikan untuk tempat istirahat para pemudik.

"Di masing-masing pospam akan disediakan toilet dan tempat istirahat. Di setiap pos akan ada personel gabungan dari TNI, Polri, Dishubkominfo, serta relawan PMI, Pramuka, dan pemadam kebakaran," katanya.

Haka mengatakan untuk rambu dan penunjuk arah pemudik, pihaknya telah memerintahkan Direktur Lalu Lintas untuk disampaikan ke seluruh satuan wilayah, agar segera membuat papan tulisan petunjuk arah di berbagai lokasi di jalur-jalur mudik di wilayah setempat.

"Jalur-jalur alternatif dan jalan yang sepi juga perlu dipasangi penunjuk arah, agar para pemudik tidak salah arah," katanya.

(V001/M029)

Pewarta: Victorius S Pranyoto
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013