Jakarta (ANTARA) - Virus Omicron EG.5 kian meluas dan menginfeksi penduduk berbagai daerah di Indonesia. Meski tren kasus meningkat, penyakit yang menyerang saluran pernapasan itu tidak diikuti dengan peningkatan angka kematian maupun rawat inap.

Berita penyebaran virus COVID-19 menjadi pemberitaan yang populer di kanal humaniora Antaranews.com sepanjang Kamis (14/12) kemarin.
 
Selain itu, gempa bumi merusak berkekuatan 4,6 magnitudo yang mengguncang Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, dengan kedalaman 5 kilometer merusak puluhan rumah di wilayah tersebut.
 
Gempa Sukabumi itu terletak pada koordinat 6.76 lintang selatan dan 106.53 bujur timur yang berlokasi di darat pada kedalaman lima kilometer.
 
Berikut berita-berita terpopuler selengkapnya:
 
1. Waspada, Kemenkes sebut kasus COVID-19 meningkat di 21 provinsi
 
Kementerian Kesehatan melaporkan situasi COVID-19 di Indonesia mengalami tren peningkatan terutama pada 21 provinsi dalam kurun beberapa pekan terakhir.
 
Peningkatan tren kasus itu tidak diikuti dengan peningkatan rawat inap dan kematian. Namun demikian, Kementerian Kesehatan menyatakan perlu ada upaya pencegahan penularan serentak oleh seluruh elemen masyarakat.
 
Baca selengkapnya di sini.
   
2. DPR minta pemerintah antisipasi COVID saat Natal dan Tahun Baru
 
Anggota Komisi IX DPR Arzeti Bilbina meminta pemerintah mengantisipasi dan menyiapkan strategi dalam mencegah penyebaran virus COVID-19 dan Pneumonia, khususnya jelang libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.
 
Arzeti menekankan pentingnya memasifkan informasi mengenai imunisasi Pneumococcal Conjugate Vaccine (PCV) bagi anak-anak, yang saat ini sudah menjadi program gratis dari pemerintah. Imunisasi PCV merupakan cara tepat untuk mencegah penyakit Pneumonia.
 
Baca selengkapnya di sini.
   
3. Menkes: EG.5 di RI umumnya dibawa pelaku perjalanan luar negeri
 
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan subvarian Omicron EG.5 yang kini mendominasi jumlah kasus COVID-19 di Indonesia umumnya dibawa oleh pelaku perjalanan dari luar negeri.
 
Terdapat lima negara dengan jumlah kasus baru terbanyak dalam beberapa pekan terakhir, yakni Thailand sebanyak 539 kasus, India 293 kasus, Iran 292 kasus, Afganistan 129 kasus, dan Marocco 116 kasus.
 
Baca selengkapnya di sini.
   
4. 64 kasus baru COVID-19 ditemukan di Tangerang Selatan
 
Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten, menemukan 64 kasus baru penularan COVID-19 yang menjangkit warga kota itu sejak 12 Desember 2023.
 
Peningkatan tren kasus COID-19 di Kota Tangsel tidak diikuti dengan peningkatan kasus kematian akibat penyakit menular tersebut.
 
Baca selengkapnya di sini.
   
5. BNPB: 68 rumah rusak akibat gempa magnitudo 4,6 di Sukabumi
 
Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan gempa magnitudo (M) 4,6 mengguncang wilayah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Kamis, menyebabkan 68 rumah rusak.
 
BMKG mencatat pusat gempa tersebut berada di darat dengan kedalaman 5 kilometer.
 

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023