Jakarta (ANTARA) - Solois Kunto Aji menyiapkan penampilan yang spesial untuk membuka perjalanan kariernya di 2024 dengan menghadirkan jadwal manggung perdananya lewat konser bertajuk "Konser Urup: Matahari Pertama di 2024".

Penampilan itu menjadi spesial karena tidak seperti konser pada umumnya yang berlangsung di malam hari, Kunto Aji justru memilih dini hari.

“Ini sudah direncanakan sejak 2020, kepotong pandemi. Saya ingin bikin pertunjukan di pagi hari, tepat di hari pertama di tahun yang baru,” ujar Kunto Aji dalam keterangannya, Jumat.

Baca juga: Kolaborasi karya Kunto Aji-Antonio Reinhard galang dana bagi Palestina

Pertunjukan ini merupakan hasil kolaborasi antara Rancang Rencana dan Seraya Live dengan mengambil tempat di Asram Edupark, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dalam perencanaannya, penampilan spesial itu akan dimulai pada pukul 05.00 WIB. Tahun 2024 dirasa menjadi waktu yang pas karena bertepatan juga dengan baru dirilisnya album penuh ketiga Kunto Aji yaitu "Pengantar Purifikasi Pikir".

Isu bertumbuh dan menjadi lebih dewasa adalah dua hal yang dikandung oleh album tersebut. Manifestasi konsep itu, bisa dirasakan lewat sejumlah aksi yang telah disusun oleh Kunto Aji.

“Di pertunjukan nanti, yang jadi materi utama ya album terbaru. Ia akan jadi sajian utama. Namun, kita juga akan menghadirkan materi-materi dari album sebelumnya. Termasuk beberapa kejutan yang disimpan sampai hari pertunjukan nanti. Pertunjukannya panjang,” kata Kunto.

Bersisian dengan alam adalah pilihan yang juga secara sadar diambil untuk pertunjukan ini dan juga merupakan sebuah simbolisasi pesan yang coba disampaikan kepada publik.

Baca juga: Kunto Aji buat "Pilu Membiru" penonton Pasar Musik Festival 2023

Pesan tersebut ialah agar manusia bisa lebih mendengarkan alam yang saat ini tengah banyak memberikan peringatan bahwa dirinya tak baik-baik saja. Manusia harus bisa menangkap pesan itu agar bisa lebih sadar diri untuk hidup berdampingan dengan alam dan menjaga eksistensinya bersama.

Maka dari itu dipilihlah ruang terbuka Asram Edupark yang menjadi gelanggang yang sempurna untuk penyelenggaraan konser Urup. Selain pertunjukan musik, juga akan diselenggarakan Pasar Urup yang mempertemukan pengunjung dengan banyak pelaku bisnis lokal.

“Ada spirit berpihak pada ekosistem juga. Pasarnya akan mengangkat produk lokal yang nggak biasa ditemui sehari-hari. Jadi, bisa saling bertemu di pertunjukan ini,” tambahnya.

Tiket untuk pertunjukan ini sudah bisa dibeli di aplikasi Goers. Ada dua paket yang ditawarkan yaitu kategori Purifikasi Pikir (hanya tiket masuk) seharga Rp.175.000 dan Tanda Purifikasi Pikir (termasuk art print dan kalender Urup 2024) seharga Rp.275.000.

Baca juga: Resolusi tahun baru di mata Kunto Aji

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023