Investasi ini akan mempercepat ekspansi penyedia layanan e-commerce tersebut di Asia Tenggara

Taipei (ANTARA/PRNewswire) - Perusahaan terkemuka yang menyalurkan modal ventura (venture capital) dan private equity, SKS Capital, menanamkan investasi strategis pada etaily, perusahaan terkemuka asal Filipina yang menyediakan layanan omni-channel e-commerce terpadu. Babak pendanaan ini dipimpin SKS Capital dan Pavilion Capital asal Singapura. Investasi senilai US$ 17,8 juta berhasil dihimpun dalam babak pendanaan seri A tersebut.

etaily akan memakai modal ini untuk berekspansi di Asia Tenggara, khususnya di Malaysia, Indonesia, Singapura, dan Filipina, serta mengembangkan merek milik sendiri. etaily juga akan berinvestasi pada teknologi dan solusi yang dirancang secara independen, serta menambah jumlah tim kerja.

Selain investasi berbentuk modal usaha, SKS Capital, melalui perusahaan portofolionya yang beraneka ragam, menghadirkan grup ritel dan merek baru asal Korea, Jepang, Tiongkok Daratan, dan Taiwan. Tujuannya, memperluas kategori produk etaily pada kategori busana, FMCG, dan kecantikan.

Pendiri SKS Capital Jack Chen berkata: "etaily hadir sebagai platform e-commerce penting yang memfasilitasi perusahaan portofolio asal Korea, Taiwan, Tiongkok Daratan, dan Jepang yang mendapat investasi dari SKS untuk merambah pasar Filipina. etaily juga berperan besar dalam menangani registrasi produk, logistik, penjualan daring, pemasaran digital, dan integrasi luring."

Sejumlah pembahasan juga tengah dilakukan etaily dan salah satu distributor terbesar di Korea yang bergerak di segmen kecantikan dan kesehatan. Distributor tersebut baru saja menjadi salah satu perusahaan portofolio SKS.

Transaksi ini merupakan salah satu investasi strategis yang terus dijalankan SKS Capital dalam rantai nilai industri FMCG/kecantikan, terdiri atas merek-merek konsumer, rantai pasok, manufaktur, serta kanal penjualan ritel. "Fokus utama kami adalah mencari investasi potensial di Asia Pasifik, serta melansir perusahaan tersebut di pasar-pasar baru demi mewujudkan perkembangan bisnis," lanjut Chen.

etaily didukung raksasa ritel lokal di Filipina, seperti Abenson, JGDEV, Landmark, dan Ayala. etaily membantu merek-merek ini memperluas jangkauan di kanal daring. Selain platform digital, etaily juga menjadi salah satu dari beberapa perusahaan yang menyediakan dukungan e-commerce di Filipina dengan kanal-kanal distribusi daring. Dengan demikian, merek-merek konsumer global dapat merambah Filipina dengan dukungan mitra yang menguasai kanal daring dan luring.

Pendiri etaily Alexander Friedhoff berkata: "Pendekatan digital yang unik menjadi keunggulan etaily. Maka, etaily berperan sebagai arsitek merek digital dan ritel. Saat ini, masyarakat di Filipina berbelanja daring dan membeli merek-merek ritel serta digital terkemuka, seperti Crocs, Levi's, Skechers, Fila, dan lain-lain—seluruhnya didukung oleh infrastruktur etaily."

Menurut Index-Asia, Filipina merupakan salah satu pasar e-commerce yang paling berkembang pesat di dunia dengan CAGR sebesar 19% pada periode 2017-2025E.

Tentang SKS Capital

SKS Capital, berdiri pada 2017, adalah salah satu perusahaan modern pertama di Asia yang menyalurkan modal ventura (venture capital) dan private equity. SKS Capital berspesialisasi di sektor konsumer, meliputi: merek-merek kecantikan & kesehatan pada segmen D2C, F&B, kanal distribusi, e-commerce, rantai pasok industri kecantikan, serta teknologi konsumen. Informasi lebih lanjut tersedia di https://skscapital.co/

Narahubung Media:

Yiyou Lin

Pewarta: Irvan Ariyana
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023