Jakarta (ANTARA) - Gabungan federasi olahraga nasional yang diwadahi dalam Forum Komunikasi Cabang Olahraga Indonesia, akan menggelar diskusi panel bertajuk "Komitmen Capres terhadap Prestasi Olahraga Indonesia" di Wisma Serbaguna, Senayan, Jakarta, Selasa (19/12).

Ketua Forum Komunikasi Cabang Olahraga Indonesia, Jadi Rajagukguk, mengatakan, forum itu berdiri atas inisiasi 65 federasi olahraga nasional (PP/PB) kategori Olimpiade dan non-Olimpiade, yang berkeinginan melihat paparan visi-misi ketiga kandidat calon presiden.

“Keluarga besar olahraga Indonesia ingin mengenal visi dan misi ketiga kandidat calon Presiden dan Wakil Presiden terhadap situasi olahraga Indonesia saat ini. Tentunya ada sejumlah tantangan di sektor olahraga, dan kami ingin mengetahui perspektif mereka,” kata Jadi dalam keterangan resminya di Jakarta, Sabtu.

Jadi, selaku perwakilan dari cabang olahraga balap sepeda, menjelaskan pihaknya telah mengirimkan undangan kepada ketiga kandidat dan telah terkonfirmasi hadir.

Kegiatan yang akan dilakukan pekan depan ini berformat diskusi. Jadi menjelaskan, setiap kandidat memaparkan visi dan misi serta pandangannya untuk olahraga Indonesia.

Akan dihadirkan pula lima panelis yang terdiri dari perwakilan cabang olahraga Olimpiade, perwakilan non-Olimpiade, atlet, Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), serta akademisi.

“Ini bukan debat karena kami keluarga besar olahraga Indonesia menyadari olahraga perlu menjadi alat pemersatu, sehingga konsepnya adalah setelah satu kandidat memaparkan visi dan misinya, kelima panelis ini yang akan bertanya karena mereka mewakili pandangan-pandangan kami,” ujar Jadi.

Sementara itu, Ketua Indonesia Jetsport Boating Association (IJBA) Saiful Sutan Aswar menilai forum diskusi seperti itu sangat dibutuhkan oleh masyarakat olahraga.

“Kami ingin tahu seperti apa pemikiran capres, terutama dari masalah pembinaan dan prestasi, pembinaan ini artinya bukan sekadar jangka pendek, tetapi jangka panjang. Terutama untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045,” ujar dia.

Forum diskusi itu rencananya akan dihadiri oleh perwakilan cabang olahraga, praktisi, wartawan, hingga penggiat olahraga komunitas.

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Roy Rosa Bachtiar
Copyright © ANTARA 2023