"Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi pemilih dengan sasaran pemilih segmen komunitas,"
Makassar (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan menggelar Fun Run Pemilu yang diikuti puluhan komunitas runner sebagai salah satu upaya mengajak pemilih menyalurkan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada 14 Februari 2024.

"Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi pemilih dengan sasaran pemilih segmen komunitas," ujar Ketua KPU Sulsel Hasbullah disela melepas pelari di depan Kantor KPU setempat, Jalan Andi Pangeran Pettarani Makassar, Sabtu.

Menurut dia, kegiatan seperti ini dilaksanakan untuk merangsang sekaligus mendekatkan Pemilu dengan para komunitas-komunitas pelari dengan harapan selain menghasilkan Pemilu yang sehat juga dapat mengajak masyarakat ke TPS memilih pilihan sesuai hati nuraninya.

Pihaknya juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung terselenggaranya kegiatan tersebut dengan aman dan lancar.

Sementara itu, anggota KPU Sulsel Hasruddin Husain membidangi Divisi Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih menambahkan, kegiatan sosialisasi harus bisa menyasar semua komunitas sebagai bentuk upaya maksimal KPU untuk mencapai partisipasi pemilih di atas 80 persen pada pemilu 2024.

"Kita berharap Pemilu kali ini mampu mengikat simpul-simpul perbedaan dan pelaksanaan pesta demokrasi ini dapat berjalan dengan aman dan lancar dalam bingkai Negara Kesatuan RI," ujar mantan Ketua KPU Parepare ini.

Dari data KPU Sulsel untuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024 mencapai 6.670.582 pemilih tersebar di 24 kabupaten kota atau mengalami peningkatan pada Pemilu 2019 sebanyak 6.159.375 pemilih. Untuk rincian data 6.670.583 pemilih jumlah pemilih laki-laki 3.244.626 jiwa dan perempuan 3.425.956 jiwa. Dan jumlah TPS sebanyak 26.218 TPS reguler serta 68 TPS khusus.

Salah seorang pelari Muhammad Aripai menjadi peserta yang beruntung memenangkan hadiah utama yaitu satu unit motor mengatakan bersyukur mendapatkan hadiah tersebut dan sangat antusias mengikuti acara itu.

Ia menganggap kegiatan lari yang digelar KPU Sulsel ini memiliki banyak manfaat. Selain dapat membuat masyarakat berolahraga, juga masyarakat mendapat banyak informasi sekaitan Pemilu.

"Kuta banyak dapat informasi tentang tahapan Pemilu selama kegiatan berlangsung seperti Cek DPT Online guna memastikan pemilih sudah terdaftar atau tidak di TPS masing-masing pada Pemilu 2024," katanya.

   

   

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023