Tangerang (ANTARA) - PT Angkasa Pura (AP) II (Persero) resmi mengoperasikan posko terpadu pengamanan dan pelayanan bagi penumpang periode Natal 2023 dan tahun baru 2024 di Terminal 1B Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

"Mulai hari ini Bandara Soekarno-Hatta resmi membuka layanan posko terpadu di Terminal 1B menjelang periode Natal 2023 dan tahun baru 2024," kata Executive General Manager (EGM) Bandara Soetta Dwi Ananda Wicaksana di Tangerang, Minggu.

Dwi menjelaskan, posko terpadu itu nantinya berfungsi untuk memberikan pelayanan dan pengamanan terhadap para calon penumpang penerbangan di Bandara Soetta yang telah diprediksi mengalami peningkatan hingga 12,5 persen.

"Selama periode hari raya Natal, pergerakan penumpang di Bandara Soetta menembus angka 170 ribu orang per hari. Dan kami membuka posko terpadu ini untuk mengantisipasi terjadinya arus lonjakan penumpang," ujarnya.

Adapun untuk posko terpadu pelayanan dan pengamanan Natal-tahun baru tersebut terbagi pada tiga ruangan dengan dilengkapi sejumlah alat elektronik berupa laptop dan lain sebagainya.

"Nantinya, pergerakan penumpang dan pesawat dapat terpantau secara langsung oleh petugas yang berjaga setiap harinya," ungkapnya.

Selain itu, dua unit televisi berukuran besar dan panjang juga tersedia pada ruangan posko terpadu tersebut sebagai menampilkan seluruh rekaman kamera pengawas (CCTV) yang tersebar di setiap penjuru Bandara Soekarno-Hatta.

"Jadi petugas dapat memonitor seluruh aktivitas yang ada di Bandara Soekarno-Hatta secara real time dapat terpantau dengan jelas," kata dia.

Baca juga: Bandara Soetta kerahkan 4.000 petugas periode libur Natal-tahun baru
Baca juga: Bandara Soekarno-Hatta bakal layani 170.000 penumpang libur akhir 2023
Baca juga: Semarakkan Natal dan tahun baru, TMII gelar konser musik

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023