Beliau adalah seorang akademisi sekaligus praktisi pemerintahan yang luar biasa
Jakarta (ANTARA) - Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengenang almarhum Kuntoro Mangkusubroto sebagai sosok akademisi sekaligus praktisi pemerintahan di Indonesia yang banyak memiliki jasa bagi bangsa dan negara.

"Beliau adalah seorang akademisi sekaligus praktisi pemerintahan yang luar biasa," kata Praktikno usai menjadi Inspektur Upacara prosesi pemakaman almarhum Kuntoro Mangkusubroto di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, Ahad.

Pratikno yang kala itu masih berprofesi sebagai seorang peneliti dari Universitas Gadjah Mada (UGM) banyak bertanya kepada Kuntoro Mangkusubroto seputar kiprahnya memimpin Badan Pelaksana Badan Rehabilitasi Rekonstruksi (BRR) Aceh-Nias yang bertugas melakukan pemulihan kawasan Aceh dan Nias pasca-tsunami 26 Desember 2004.

Selain itu berbagai penelitian Pratikno yang berkaitan dengan pemerintahan juga banyak mengadopsi kesaksian almarhum selama menjabat sebagai Kepala Unit Kerja Presiden bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) pada Kabinet Indonesia Bersatu II tahun 2009.

Baca juga: Mensesneg pimpin prosesi pemakaman jenazah Kuntoro di TMP Kalibata

UKP4 merupakan lembaga adhoc yang dibentuk Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono dengan tugas-tugas khusus untuk memastikan kelancaran pemenuhan program kerja kabinet.

UKP4 berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada presiden. Dalam melaksanakan tugasnya, UKP4 dibantu serta berkoordinasi dengan kementerian, lembaga pemerintah non-kementerian, pemerintah daerah (pemda), dan pihak lain yang terkait, dalam menjalankan tugasnya.

"Saya waktu itu sebagai peneliti. Kami banyak bertanya kepada beliau pengalaman beliau mengurus BRR dan UKP4, termasuk pertama kali saya masuk ke kabinet, saya banyak minta saran beliau," katanya.

Pratikno juga mempercayakan posisi staf khususnya kepada mantan staf khusus almarhum Kuntoro Mangkusubroto untuk memperkuat kinerja Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) saat ini.

Baca juga: Obituari Kuntoro Mangkusubroto: Pak Kun dalam kenangan

"Termasuk beberapa staf khusus saya dari staf beliau juga. Sebab almarhum sangat kuat akademiknya, dan sense untuk implementasinya juga sangat kuat," katanya.

Menteri Pertambangan dan Energi periode 1998-1999 Kuntoro Mangkusubroto wafat hari ini pukul 01.03 WIB di Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr Cipto Mangunkusumo Jakarta karena sakit.

Jenazah almarhum dimakamkan di area blok Z Taman Malam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, sekitar pukul 13.30 WIB.

Almarhum yang meninggal dunia pada usia 76 tahun meninggalkan seorang istri dan lima anak laki-laki.

Baca juga: Mantan Menteri Pertambangan Kuntoro Mangkusubroto meninggal

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023