Jakarta (ANTARA) - Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno memimpin prosesi pemakaman Menteri Pertambangan dan Energi periode 1998--1999 Kuntoro Mangkusubroto di Taman Malam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Ahad.    

"Saya Pratikno Mensesneg RI atas nama negara, bangsa dan Tentara Nasional RI dengan ini mempersembahkan ke persada Ibu Pertiwi jiwa raga dan jasa-jasa almarhum Kuntoro Mangkusubroto," kata Pratikno dalam pernyataannya sebagai Inspektur Upacara pemakaman almarhum di Blok Z TMP Kalibata.

Jenazah tiba di pintu masuk TMP Kalibata sekitar pukul 12.39 WIB diantar menggunakan mobil jenazah Komando Garnisun Tetap Jakarta beserta sejumlah prajurit TNI.

​​​​​​Sebelumnya, jenazah almarhum disemayamkan di rumah duka kawasan Pancoran, Jakarta Selatan dan dishalatkan di Masjid Jami At-Taubah dekat rumah duka.

​​​​​Kuntoro juga Mantan Direktur Utama PT PLN Persero pada 2000-2001 meninggal dunia sekitar pukul 01.03 WIB di Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr Cipto Mangunkusumo Jakarta karena sakit.

Almarhum yang meraih Bintang Jasa Mahaputera Adipradana itu meninggalkan seorang istri dan lima anak laki-laki.

Alumni Institut Teknologi Bandung dan Stanford University, Amerika Serikat, itu pernah menjabat sebagai Kepala Badan Pelaksana - Badan Rehabilitasi Rekonstruksi Aceh-Nias yang bertugas melakukan pemulihan kawasan Aceh dan Nias pascatsunami 26 Desember 2004.  

Kemudian ia ditunjuk sebagai Kepala Unit Kerja Presiden bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) pada Kabinet Indonesia Bersatu II di 2009.

Turut hadir dalam prosesi pemakaman tersebut keluarga besar beserta kolega almarhum, serta Menteri ESDM periode 2016--2019 Ignasius Jonan.

Baca juga: Obituari Kuntoro Mangkusubroto: Pak Kun dalam kenangan

Baca juga: Mantan Menteri Pertambangan Kuntoro Mangkusubroto meninggal

Baca juga: Kuntoro Mangkusubroto terima Bintang Jasa dari Jepang

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2023