Palangka Raya (ANTARA) -
Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran memperluas akses pangan masyarakat dengan menyediakan sebanyak 3.700 paket sembako gratis dalam gelaran pasar penyeimbang di halaman Istana Isen Mulang, Palangka Raya, Minggu (17/12).
 
Pasar penyeimbang ini dilaksanakan dalam rangka Natal dan Tahun Baru 2024, sebagai salah satu upaya pemerintah provinsi menyediakan akses terhadap pangan terjangkau, menjaga stabilitas harga di pasaran, serta mengendalikan tingkat inflasi, kata Sugianto Sabran di sela kegiatan.
 
"Kita terus berupaya menjaga tingkat inflasi, sudah berbagai upaya dilakukan yakni salah satunya adalah pasar penyeimbang dan kita gratiskan untuk masyarakat," tegasnya.
 
Sekretaris Daerah Kalimantan Tengah Nuryakin menyampaikan paket sembako yang dibagikan yakni kepada PNS Golongan I, Golongan II, Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dan Pegawai Kontrak dengan total sebanyak 3.700 paket.
 
Setiap paket sembako yang disediakan di pasar penyeimbang ini terdiri dari beras 10 kilogram, gula dua kilogram, minyak goreng dua liter, susu kental manis dua kaleng, ikan dalam kemasan dua kaleng dan kopi satu bungkus.
 
"Harga paket sembako tersebut jika di pasaran dijual dengan harga sekitar Rp300 ribu, namun Bapak Gubernur memberikan kebijakan Rp250 ribu ditanggung pemerintah provinsi dan Rp50 ribu diserahkan ke semua perangkat daerah, sehingga paket sembako ini gratis," jelasnya.
 
Selama periode Natal dan Tahun Baru 2024 Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah gencar melaksanakan kegiatan pasar murah atau pasar penyeimbang dengan menyasar berbagai daerah untuk meratanya masyarakat yang merasakan manfaatnya.
 
Melalui Dinas Ketahanan Pangan (Dishanpang) Kalimantan Tengah pasar penyeimbang di antaranya telah digelar di Petuk Katimpun maupun Bukit Batu di Kota Palangka Raya, Kabupaten Kotawaringin Timur, Barito Selatan, serta kabupaten lainnya.
 
Sementara itu sebelum pembukaan pasar penyeimbang di halaman Istana Isen Mulang hari ini, kegiatan tersebut juga diisi dengan jalan sehat dan senam bersama sebagai salah satu sarana silaturahmi antara gubernur beserta jajaran dengan ASN maupun tenaga kontrak.

Pewarta: Muhammad Arif Hidayat
Editor: Hanni Sofia
Copyright © ANTARA 2023