Rembang (ANTARA) - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep mendengarkan aspirasi dan permasalahan para nelayan di Kota Rembang dalam safari politiknya ke Jawa Tengah pada Minggu (17/12).

"Bapak dan ibu nelayan yang ada di sini jadi saya minta ada satu atau dua yang mau maju, mintanya apa," kata Kaesang saat berdiskusi dengan para nelayan di daerah tersebut.

Dalam diskusi tersebut, beberapa nelayan menyampaikan sejumlah permasalahan, mulai dari masalah perizinan, pelayaran, kenaikan BBM hingga terkait pajak kapal.

Permasalahan lain yang disampaikan para nelayan juga terkait dengan harga ikan yang turun drastis, sementara operasional bahan baku untuk perbekalan nelayan dan harga es juga naik.

"Dari info yang kami terima harga ikan turun karena ekspor ga ada permintaan dikarenakan Vietnam dan India (sedang) musim (ikan)," kata Khairul Masduki, salah satu nelayan Rembang terkait turunnya harga ikan di dalam negeri.

Para nelayan tersebut berharap pemerintahan mendatang bisa benar-benar memahami dan mencarikan solusi atas permasalahan yang mereka hadapi dengan memilih menteri yang benar-benar mengerti dan paham tentang perikanan dan kelautan.

Dalam kesempatan itu, Kaesang berjanji akan menampung semua permasalahan yang disampaikan para nelayan dan akan menyampaikannya kepada pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (Capres-Cawapres) yang turut diusung oleh PSI, yaitu Prabowo-Gibran.

"Bapak-bapak dan Ibu-ibu semua, terima kasih tadi saya sudah tampung semua. Nanti saya serahkan ke Pak Prabowo dan Mas Gibran. Nanti akan kami sampaikan secara langsung. Kalau nggak, nanti saya minta beliau-beliau untuk bisa datang ke sini kan juga bagus," ujar Kaesang.

Kunjungan Kaesang kepada para petani di Rembang merupakan bagian dari rangkaian safari politik yang ia lakukan dari 16-20 Desember 2023, guna mendengarkan aspirasi dari masyarakat.

Sejak menjabat sebagai Ketua Umum PSI, Kaesang gencar melakukan safari politik ke sejumlah daerah di Tanah Air.

Sebelum ke Jateng, Kaesang juga melakukan safari politik ke Medan, Kupang (Nusa Tenggara Timur), Manado (Sulawesi Utara), Bandung (Jawa Barat), beberapa daerah di Jawa dan Jakarta.

Baca juga: Hadir di CFD, Kaesang ajak warga untuk jaga kesehatan dan berolahraga
Baca juga: Kaesang ajak warga Boyolali pilih calon pemimpin dengan hati nurani


Pewarta: Katriana
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2023