Jakarta (ANTARA) -
Juru Bicara Tim Nasional (Timnas) Pemenangan Anies-Muhaimin (AMIN), Muhammad Kholid mengatakan ada enam kebijakan prioritas yang akan dikerjakan bila pasangan calon (paslon) nomor urut 1 itu menang dalam Pemilu Presiden (Pilpres) 2024.
 
Dia mengatakan prioritas pertama yaitu penegakan sistem hukum yang adil, transparan, dan mengayomi, salah satunya upayanya melalui layanan '"Hotline Paris" bagi warga yang membutuhkan bantuan hukum.
 
"Prioritas kedua, pencegahan dan pemberantasan korupsi . Misalnya melalui Rancangan Undang-Undang Perampasan Aset yang segera disahkan," kata Kholid dalam diskusi daring yang diselenggarakan Lembaga Penelitian, Pendidikan, dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES) dengan tema Eksplorasi Gagasan Menata Demokrasi Pasca-Pemilu 2024, Minggu,

Kholid menjelaskan bahwa prioritas yang ketiga yaitu mewujudkan birokrasi yang profesional dan melayani melalui peningkatan standar aparat sipil negara (ASN), serta transformasi digital untuk melayani masyarakat.
 
Menurut dia, prioritas keempat terkait pemberian wewenang penuh kepada pemerintah daerah (pemda) terkait otonomi daerah. Namun dia menilai bahwa dalam konteks tersebut pemerintah pusat tetap harus memberi panduan jelas atau arahan nasional terkait kebijakan pembangunan yang akan dicapai.
 
Dia mencontohkan terkait penanganan stunting atau tengkes yang harus jelas dan rinci oleh pemerintah pusat, sehingga bisa dieksekusi dengan benar oleh pemda.
 
Prioritas kelima, dia menjelaskan, yaitu pembenahan Kepolisian Republik Indonesia untuk mewujudkan penegakan hukum yang humanis dan berpihak kepada hak asasi manusia (HAM).
 
Lalu yang terakhir, menurut Kholid, yaitu penegakan demokrasi dan kedaulatan rakyat.
 
"Salah satunya melalui reformasi pembiayaan partai politik untuk menangani masalah high cost democracy (pembiayaan tinggi untuk penyelenggaraan demokrasi)," tuturnya.
 
Selain itu, Kholid mengungkapkan bahwa ada tiga tantangan demokrasi yaitu prosedural, institusional, dan substansial juga akan diubah AMIN agar memberi rasa keadilan bagi masyarakat di seluruh aspek kehidupan seperti sosial, ekonomi, dan hukum.
 
Kholid menegaskan, enam kebijakan itu sudah ada di dalam visi-misi perubahan yang digaungkan pasangan AMIN untuk menjalankan pemerintahan ketika terpilih memimpin Indonesia pada 2024.
 
Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.
 
Masa kampanye juga telah dijadwalkan mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Tiga tantangan demokrasi jadi prioritas AMIN untuk diubah
Baca juga: Timnas AMIN bantah ada "ordal" saat Anies jabat gubernur DKI Jakarta

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2023