Jakarta (ANTARA) - Turnamen catur bertajuk Japfa Year End Chess 2023 menghadirkan banyak juara kejutan di antaranya dari kategori open, duel match dan kelompok usia di bawah U-12.

Turnamen yang memperebutkan total hadiah sebesar Rp 73.400.000 dan diikuti oleh 401 peserta dari 18 provinsi tersebut berlangsung di Wisma Kemenpora, Senayan, Jakarta, Minggu.

“Turnamen JAPFA Year End 2023 memunculkan banyak kejutan. Di kategori open, Gilbert Elroy (DKI Jakarta) tampil sebagai juara, Asonaji dari Cilegon di posisi kedua, sementara juara tiga berasal dari luar Jawa, Zacky Dhiaulhaq dari Sulawesi Tenggara. Cilegon juga membuat banyak kejutan, pecatur-pecaturnya banyak yang juara. Selamat buat Cilegon,” kata Ketua Umum PB Percasi, GM Utut Adianto dalam keterangan resmi, Minggu..

Pecatur Cilegon lain yang sukses menjadi juara di turnamen ini adalah, Alisha Bastrisyia Aimy Mutofa (juara U-12 putri), Putri Hajarisma (runner up U-16 Putri), dan Reynard Christopher (juara U-16 putra).

“Sebaran pecatur semakin banyak. Ini sangat bagus untuk perkembangan catur kita. Ke depan, PB Percasi akan membuat turnamen FIDE rating setiap tiga bulan sekali,” ujar Utut Ardianto.

Baca juga: Menpora harap gelaran Japfa Year End Chess lahirkan atlet berprestasi

Utut Ardianto menambahkan, pada 2024 mendatang, para pecatur dihadapkan pada dua momen yang digelar secara bersamaan, yakni Pekan Olahraga Nasional (PON) dan Olimpiade.

“PB Percasi tak akan melarang pecaturnya bertanding di PON (Pekan Olahraga Nasional). Percasi memahami para pecatur berkesempatan mencari uang di PON. Untuk Olimpiade, Percasi akan mempersiapkan pecatur junior dan pecatur senior terbaiknya.”

Sementara itu untuk kategori duel match yang memainkan enam babak, IM Medina Warda Aulia yang memiliki elo rating (2332) tampil sebagai juara setelah menang tipis dari WGM Dewi AA Citra, 3,5 poin : 2,5 poin.

“Saya sempat grogi. Tadi sebenarnya partai kalah buat saya, tapi karena Dewi AA Citra membuat blunder sedikit, akhirnya pertandingan berakhir remis,” kata Medina.

Dia mengatakan, pada 2024 mendatang, dia fokus akan meningkatkan rating dengan mengikuti sejumlah turnamen di luar negeri.

“Tahun 2024, saya fokus menaikkan rating dengan mengikuti sejumlah turnamen di luar negeri. Saya juga ingin meraih norma grand master putra,” tukas Medina yang pada PON 2024 akan turun membela Jawa Barat.

Baca juga: Percasi: Juara JAPFA Chess Festival dikirim ke kejuaraan ASEAN di Laos

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023