Jakarta (ANTARA) - Pecatur asal Kalimantan Tengah, International Master (IM) Yoseph Theolifus Taher mempertahankan gelar juara kelas terbuka turnamen Ramadhan Cup PB PERCASI 2024.

Gelar juara diperoleh Yoseph melalui perjalanan panjang usai sembilan ronde pertandingan sama-sama memperoleh 7,5 poin dengan Aditya Bagus Arfan. Dalam empat kali babak tie-break, Yoseph  mengunci gelar usai mengoleksi 6,25 poin lebih banyak dari pada Aditya.

"Poin yang saya dapatkan sampai akhir hanya tujuh setengah dan saya bersyukur bisa menjadi juara satu," kata Yoseph Theolifus Taher kepada pewarta di Jakarta, Minggu.

"Di babak open ini banyak anak-anak muda yang sudah punya teknologi, jadinya untuk menang itu cukup sulit," ujar Yoseph yang kini mengoleksi 2479 poin dalam peringkat FIDE.

Ketua panitia turnamen ini, Rikardo, berharap munculnya cikal bakal pemain-pemain catur besar Indonesia. 

Rikardo mengatakan para pecatur harus bersiap  menghadapi sejumlah turnamen PB PERCASI dalam satu tahun kalender ke depan.

"Persiapan dari awal sampai akhir berjalan lancar, mudah-mudahan para juara-juara ini ke depan lebih baik lagi, karena banyak beberapa turnamen besar yang akan kita gelar," ujar Rikardo.

Sekjen PB PERCASI Hendry Hendratno mengatakan kualitas turnamen Ramadhan Cup PB PERCASI yang telah berjalan selama 22 tahun ini tidak menurun. 

Baca juga: KONI ingin sosialisasi catur klasik xiangqi kian ditingkatkan

Hendry menjelaskan selain menjadi ajang unjuk gigi pecatur muda, turnamen ini juga menjadi tempat silaturahmi para pecatur.

"Turnamen Ramadan Cup ini sebetulnya bukan prestasi, ini hanya mengisi hari suci Ramadan yang sudah tradisi dilaksanakan oleh PB Percasi," ujar Hendry.

Berikut daftar juara Ramadhan Cup 2024:

Kategori Open :
1. Yoseph Theolifus Taher (Kalimantan Tengah) : 7,5 poin
2. Aditya Bagus Arfan (DKI) : 7,5 poin
3. Deni Sonjaya (Jawa Barat) : 7 poin

Non master :
1. David saputra (DKI) : 8 poin
2. Parlin Atajagu (-) : 7,5 poin
3. M Ariel (Jawa barat) : 7,5 poin

Turnamen U-12 :
1. Kenny Horasino Bach (Jogjakarta) : 8,5 poin
2. Fitsal Aswa (Jawa Timur) : 7,5 poin
3. Almagro Hasian Gultom (DKI) :

Turnamen U-16 :
1. Steven Tan (DKI) : 9 poin
2. Maximiliano Marrhuimawan (Banten) : 7 poin
3. Morado Simanjuntak (DKI) : 7 poin

Baca juga: PERCASI: Kemenangan Nayaka di SCUA FIDE Rated keberhasilan regenerasi

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2024