Jakarta (ANTARA) - Empat gelar juara menjadi kado Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) untuk Indonesia menjelang tutup tahun 2003.

Gelar pertama datang dari WFM Diajeng Teresa Singgih yang menjuarai Eastern Asian Junior Chess Championship di Kinabalu, Malaysia, pada 8 Desember 2023.

WCM Cecilia Natalie Liuviann juga menempati peringkat ketiga di ajang tersebut. Di sektor putra, IM Aditya Bagus Arfan menempati posisi ketiga.

Pada Eastern Asian Junior Chess Championship Diajeng juga mendapat gelar WIM atau Women International Master, sementara Cecilia mendapat gelar WFM atau Women FIDE Master.

Hampir sepekan berselang, FM Arif Abdul Hafiz menjadi juara turnamen bergengsi Manny Pacquiao International Chess Tournament di General Santos City, Filipina, tepatnya pada 12 Desember 2023.

GM Novendra Priasmoro berada di ranking empat pada ajang yang diikuti 70 peserta tersebut. Hanya dua pecatur Indonesia yang melanglang buana ke negara pencetak GM pertama Asia itu.

Pada pertengahan Desember giliran GM Susanto Megaranto yang mendapat undangan main di turnamen tertutup Kamatyas Invitational GM Tournament di Marikina City, Filipina, dan keluar sebagai juara tak terkalahkan dengan mencetak empat kemenangan dan lima kali remis.

Terbaru, Laysa Latifah, yang masih nonggelar, menjadi juara Asia G18 di Asian Youth Chess Championship, di Al Ain, Uni Emirat Arab, Kamis (21/12).

Baca juga: Laysa Latifah sabet emas catur standar AYCC 2023

Laysa juga meraih medali perak di nomor catur cepat. Sementara, AIM Satria Duta Cahaya, menjadi berada di peringkat ketiga di KU16 putra.

Laysa diganjar hadiah gelar langsung WIM (Women International Master), sementara Satria Duta Cahaya mendapat gelar langsung FM (FIDE Master).

"Ini sungguh penutup tahun yang manis buat catur Indonesia setelah prestasi spektakuler yang dibuat IM/WGM Medina Warda Aulia menembus 16 Besar Dunia pada Women World Chess Cup di Baku, Azerbaijan, di bulan Juli 2023," kata Kabid Binpres PB Percasi Kristianus Liem dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Baca juga: 183 atlet dari 11 negara bersaing di International Chess Championship

Empat gelar pada Desember juga menambah catatan prestasi yang ditorehkan PB Percasi tahun ini ketika GM Novendra Priasmoro menaklukkan Eropa dengan menjuarai Turnamen Catur Terbuka SK Ottakring di Vienna, Austria, pada Juli-Agustus 2023.

Kristianus berterima kasih kepada Ketua Umum PB Percasi GM Utut Adianto yang telah memimpin catur Indonesia dengan hati, dengan segala daya dan tenaga.

Tidak hanya itu, menurut Kristianus, GM Utut tidak hanya memberikan inspirasi, tetapi juga mengeluarkan dana pribadi, sehingga para pecatur Indonesia bisa berlatih dan mampu berlaga dalam sejumlah turnamen penting di kancah internasional.

"Semoga di tahun 2024, kita masyarakat catur Indonesia akan mencetak prestasi yang lebih cemerlang lagi," ujar Kristianus.

Baca juga: Aditya bertahan di peringkat 13 Kejuaraan Dunia Catur Remaja

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023