Bekasi (ANTARA) -
Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB PERCASI) berharap dapat melahirkan pecatur kelas internasional melalui salah satu ajang Kejuaraan catur 2nd Percasi - SCUA FIDE Rated.
 
Hal tersebut disampaikan oleh Dewan Pembina PB PERCASI Eka Putra Wirya saat pembukaan Kejuaraan catur 2nd Percasi - SCUA FIDE Rated di Sekolah Catur Utut Adianto (SCUA), Bekasi, Rabu.

"Dukungan yang diberikan (Ketua Umum) bukan sekadar suntikan moril dan memberikan semangat tanding, namun kebutuhan anggaran pertandingan juga diberikan. Semua itu sulit terbayangkan untuk melahirkan pecatur yang benar-benar cinta terhadap olahraga yang digelutinya," kata Dewan Pembina PB PERCASI Eka Putra Wirya.
 
Peserta Kejuaraan catur 2nd Percasi - SCUA FIDE Rated berasal dari dalam negeri berasal dari 14 provinsi, sedangkan peserta dari luar negeri berasal dari enam negara, yaitu Inggris, Australia, Uzbekistan, Malaysia, Myanmar, dan Finlandia.

Kehadiran 103 peserta dengan Elo 2250 poin pada kejuaraan catur tahunan ini merupakan langkah dari Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) untuk meningkatkan ranking para pecatur tanah air.

Baca juga: SCUA FIDE Rated diikuti 103 peserta dari dalam dan luar negeri
 
Eka Putra Wirya berharap dengan adanya tempat yang memadai seperti Sekolah Catur Utut Adianto akan terselenggara lebih banyak turnamen internasional di Indonesia.
 
"Dengan adanya tempat yang memadai seperti ini akan lebih banyak turnamen, ini baru awal dari perjalanan kita. Saya pikir akan banyak sekali nanti turnamen disini," kata Eka Putra Wirya yang juga merupakan pemilik SCUA.
 
Ketua Umum PB PERCASI Utut Ardianto merasa senang dengan kehadiran para peserta dari 14 provinsi dan enam negara asing yang berkompetisi untuk bersaing berebut peringkat pecatur internasional tersebut.
 
"Senang ada enam negara dari Inggris, Australia, Uzbekistan, Malaysia, Myanmar, dan Finlandia. Artinya ada dari negara asing, pecatur kita datang dari 14 provinsi tapi yang paling penting dari FIDE Rated ini adalah memberi kesempatan kepada semua pecatur Indonesia untuk memperoleh peringkat internasional," kata Ketua Umum PB Percasi Utut Adianto

Baca juga: Menpora harap gelaran Japfa Year End Chess lahirkan atlet berprestasi

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024