BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem di sejumlah wilayah kabupaten dan kota di Sulawesi Utara hingga 20 Desember 2023
Manado (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan wilayah Sulawesi Utara (Sulut) berpotensi cuaca ekstrem hingga beberapa hari ke depan.

“BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem di sejumlah wilayah kabupaten dan kota di Sulawesi Utara hingga 20 Desember 2023,” kata Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado, Ben A Molle di Manado, Senin.

Dia berharap warga mewaspadai potensi bahaya terjadinya tanah longsor, banjir, hingga pohon tumbang, di daerah-daerah rawan bencana.

BMKG akan terus memberikan informasi terkini terkait dengan kondisi cuaca ekstrem melalui kanal-kanal-kanal informasi yang tersedia.

Baca juga: BMKG: Sejumlah provinsi diprakirakan hujan disertai petir hari ini

“Kami mengajak warga mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang,” kata Ben.

Hari ini, kata dia, cuaca ekstrem berpeluang terjadi di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan dan Kabupaten Kepulauan Talaud.

Keesokan harinya, lanjut dia, cuaca ekstrem berpotensi terjadi di  Kota Manado, Kota Bitung, Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.

Sedangkan pada tanggal 20 Desember, cuaca ekstrem diperkirakan terjadi di Kabupaten Minahasa Tenggara, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur dan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.

Baca juga: BMKG: Hujan lebat & angin kencang bakal landa Sulut hingga Kamis
Baca juga: BMKG: Waspadai gelombang tinggi di perairan Sulut


 

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023