Selanjutnya, Kereta New Generation ini akan kami operasikan untuk kereta api - kereta api lainnya secara bertahap
Kulon Progo (ANTARA) - KAI Daop 6 Yogyakarta mengoperasikan Kereta Api Argo Lawu relasi Solo Balapan - Gambir dengan menggunakan Kereta Eksekutif New Generation dan Kereta Luxury New Generation, terhitung mulai Senin (18/12) dalam rangka peningkatan pelayanan kepada pelanggan menyambut liburan Natal dan Tahun Baru 2024.

  Manager Humas Daop 6 Yogyakarta Krisbiyantoro di Kulon Progo, Senin, mengatakan pengoperasian Kereta Eksekutif New Generation dan Kereta Luxury New Generation ini merupakan bentuk peningkatan pelayanan KAI kepada seluruh pelanggan menyambut liburan Natal dan Tahun Baru, khususnya pelanggan KA Argo Lawu.

  "Selanjutnya, Kereta New Generation ini akan kami operasikan untuk kereta api - kereta api lainnya secara bertahap," kata Krisbiyantoro.

  Ia mengatakan kereta new generation tersebut merupakan bagian dari pengadaan 612 unit kereta stainless steel new generation periode 2023 sampai 2026 yang didatangkan dari PT INKA (Persero).

  Keunggulan Kereta Eksekutif dan Luxury New Generation ini di antaranya pintu masuk kereta dan pintu penghubung antar kereta sudah menggunakan pintu elektrik otomatis.

  Hal ini akan semakin memudahkan pelanggan dalam membuka ataupun menutup pintu tanpa mengeluarkan banyak energi. Suara aktivitas buka-tutup pintu pun menjadi lebih senyap.

  Di samping itu, Passenger Information Display System (PIDS) yang tersedia di masing-masing kereta dapat menampilkan informasi stasiun terdekat, kecepatan, dan suhu ruangan. PIDS tersebut membantu menciptakan pengalaman perjalanan yang lebih baik dan menyediakan informasi yang penting bagi pelanggan selama perjalanan.

  Pembaruan kenyamanan kereta yang sedang KAI lakukan ini diharapkan dapat membuat transportasi perkeretaapian semakin maju. Sehingga dapat lebih menarik animo masyarakat untuk tetap setia menggunakan jasa kereta api.

  "Fasilitas ini sama dengan kereta eksekutif dan luxury new generation yang tempo hari sudah dipakai untuk Kereta Api Argo Dwipangga," katanya.

  Krisbiyantoro mengatakan harga tiket kereta eksekutif Argo Lawu berkisar Rp600 ribu-an, dan untuk luxury berkisar Rp1,3 juta & Rp1,5 juta-an. Tarif tersebut dinamis dengan tetap berada pada tarif batas bawah hingga tarif batas atas yang telah ditentukan.

  Tiket di masa Natal dan Tahun Baru ini masih banyak tersedia, masyarakat dapat memesan tiket kereta api melalui aplikasi Access by KAI, website kai.id dan serta seluruh channel resmi pemesanan tiket kereta api lainnya.
 

"Kami mengimbau agar masyarakat merencanakan liburan sebaik mungkin," katanya.

Baca juga: PT KAI perbanyak rangkaian kereta Panoramic dan Luxury

Baca juga: Menko PMK tinjau layanan GeNose C19 dan jajal Kereta Luxury 2

Pewarta: Sutarmi
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023