Sydney (ANTARA) - Hujan deras dampak dari bekas badai tropis Jasper pada Senin memutus akses beberapa kota wisata di Australia timur laut di sepanjang Great Barrier Reef, salah satu destinasi wisata populer negara tersebut. 

Hujan deras disertai banjir bandang memaksa warga melakukan evakuasi, sementara beberapa warga naik ke atap rumah untuk menghindari sungai yang ketinggian airnya naik dengan cepat.

Badai Jasper menyerang wilayah paling utara di Negara Bagian Queensland pekan lalu dan meninggalkan jejak kehancuran sebelum diturunkan ke tingkat tropis terendah, menurut data resmi. 

Badai tersebut juga menyebabkan curah hujan dalam beberapa jam selama akhir pekan, selama berbulan-bulan.

“Kita pernah mengalami banyak bencana alam, dan ini adalah bencana terburuk yang saya ingat,” kata Perdana Menteri  Queensland Steven Miles kepada televisi ABC.

"Masalahnya adalah hujan tidak akan berhenti, dan sampai hujan reda, kita tidak bisa mendapatkan dukungan udara ke tempat-tempat terpencil," lanjut Miles.

Cairns, kota gerbang ke Great Barrier Reef dan memiliki penduduk lebih dari 150.000 orang, diguyur hujan sekitar 600 mm selama 40 jam hingga Senin pagi.

Jumlah itu lebih dari tiga kali lipat rata-rata bulan Desember,yaitu 182 mm.

Semua penerbangan dari bandara Cairns dibatalkan atau ditunda pada Senin. Rekaman di media sosial menunjukkan pesawat-pesawat terendam sebagian di landasan.

Pompa telah mengalirkan air sejak akhir pekan tetapi "masih belum mampu mengimbangi volume air yang masuk," kata CEO Bandara Cairns Richard Barker kepada Sky News.

Seekor buaya terlihat di selokan yang meluap di Kota Ingham, sekitar 250 km sebelah selatan Cairns, dan pihak berwenang memperingatkan warga agar tidak berenang di perairan banjir.

Dan, seorang warga di utara Bandara Cairns, mengatakan kepada Radio ABC bahwa dia harus berlindung di atas meja dapurnya selama sekitar empat jam sebelum dibawa ke sebuah rumah.

Di rumah itu, sekitar 30 orang berkumpul di atap sambil menunggu perahu penyelamat.

“Anak-anak, orang tua, anjing dan kucing di atap rumah orang malang yang baru saja memasang panel surya baru… itu adalah perjalanan yang sangat mengerikan untuk menavigasi air yang berarus sangat deras dan menghindari puing-puing,” katanya.

Biro cuaca memperkirakan akan terjadi lebih banyak hujan karena Jasper kemungkinan akan turun hingga Senin dengan beberapa wilayah diperkirakan akan mengalami curah hujan sebesar 300 mm dalam waktu kurang dari enam jam.

Peringatan banjir besar telah dikeluarkan seiring dengan rekor sungai yang memecahkan catatan sebelumnya pada 1977.

Lebih dari 14.000 properti di wilayah tersebut masih tanpa aliran listrik.

Perdana Menteri Anthony Albanese mengatakan pasukan pertahanan Australia telah disiagakan untuk menjalankan upaya penyelamatan dan bantuan.

Australia kini sedang mengalami fenomena El Nino, yang dapat memicu fenomena cuaca ekstrem mulai dari kebakaran hutan hingga siklon tropis dan kekeringan berkepanjangan.

Ketika wilayah timur laut Australia berjuang melawan banjir, sebaliknya wilayah tenggara negara itu berada dalam siaga kebakaran hutan dengan suhu diperkirakan mencapai 40 derajat Celcius pada Selasa di beberapa pinggiran kota Sydney.

Sumber: Reuters


Baca juga: Banjir besar landa Australia barat laut, warga diangkut helikopter

Baca juga: Banjir Australia memburuk, ribuan warga Sydney mengungsi 


 

Australia anggarkan Rp94 triliun pulihkan laut di Pelabuhan Sydney


 

Penerjemah: M Razi Rahman
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2023