Washington (ANTARA) - Pejabat perbatasan Amerika Serikat pada Minggu (17/12) menutup dua jembatan kereta api barang yang menghubungkan Texas dan Meksiko setelah mendeteksi adanya lonjakan penyelundupan migran dari Meksiko melalui jalur kereta api.

Langkah yang diambil petugas Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan (CBP) itu merupakan yang terakhir dari serangkaian penutupan di perbatasan dengan mengerahkan aparat di lokasi lain sebagai respon atas meningkatnya jumlah migran.

CBP dalam sebuah pernyataan mengatakan, jembatan kereta penyeberangan perbatasan internasional di Eagles Pass dan El Paso ditutup agar bisa mengarahkan petugas untuk membantu Patroli Perbatasan AS menahan masuknya migran.

"Setelah memperhatikan bangkitnya kembali organisasi penyelundupan migran melalui Meksiko dengan kereta barang, BCP memutuskan untuk menambah personel dalam mengatasi masalah ini, termasuk melalui kemitraan dengan pihak Meksiko," kata pernyataan itu.

CBP juga telah melakukan langkah penutupan sementara dalam beberapa minggu pekan di pelabuhan Lukeville di Arizona, pintu masuk pejalan kaki di San Diego dan penyeberangan di Eagle Pass.

Setelah penutupan Lukeville, Gubernur Arizona Katie Hobbs pada Jumat memerintahkan pasukan Garda Nasional ke perbatasan Meksiko dan mengatakan bahwa keputusan pemerintah federal justru membahayakan keamanan publik dan perdagangan.

Baca juga: Meksiko, AS kerja sama amankan perbatasan setelah Titel 42 berakhir
Baca juga: Meksiko tolak rencana bangun dinding perbatasan baru dengan AS
Baca juga: Jumlah migran menyeberang di perbatasan AS-Meksiko menurun


Sumber: Reuters
 

Penerjemah: Atman Ahdiat
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2023