liburan akhir dan awal tahun ini bertepatan dengan liburan sekolah dan ini seperti pengalaman tahun sebelumnya akan ada lonjakan trafik
Bandung (ANTARA) - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) memastikan kesiapan jaringan menghadapi liburan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 yang diperkirakan trafik akan naik 2-3 kali lipat dibanding hari-hari biasa.

"Pada liburan akhir dan awal tahun ini bertepatan dengan liburan sekolah dan ini seperti pengalaman tahun sebelumnya akan ada lonjakan trafik," kata Chief Corporate Affairs PT XL Axiata Marwan O. Baasir kepada media di Bandung, Senin.

Dikatakan, dua tahun setelah masa pandemi berakhir menyebabkan masyarakat ingin menikmati masa liburan ke berbagai objek wisata dan ini juga akan menjadikan trafik pada tahun ini akan naik 20 persen dibanding Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Lonjakan trafik antara lain akan terdorong oleh semakin intens-nya pelanggan dalam menggunakan berbagai layanan digital dengan kapasitas besar yang biasanya dimanfaatkan untuk mengisi masa libur panjang.

Diperkirakan pelanggan banyak berkirim konten video atau foto, serta akses streaming baik video, musik, serta gim. Media sosial juga diperkirakan menjadi sasaran pelanggan mengisi waktu liburan untuk berbagi meriahnya momen Natal dan tahun baru.

Baca juga: Pendapatan XL Axiata naik 10 persen jadi Rp23,9 triliun di kuartal III

Baca juga: XL Axiata dukung konsolidasi antaroperator telekomunikasi


Menurutnya, perusahaan tidak mempersiapkan secara khusus jaringan menghadapi liburan akhir tahun ini mengingat pihaknya sudah mempersiapkan jaringan sejak Lebaran 2023 dan hal tersebut terus berlanjut hingga akhir dan awal tahun 2024.

"Perusahaan selalu menyiapkan jaringan dengan baik sehingga tidak ada perlakuan khusus pada hari besar tapi yang pasti kita selalu siap setiap saat dalam momen apapun," kata Marwan.

Terkait kemungkinan adanya musim hujan sehingga mengakibatkan bencana, dia mengatakan perusahaan juga telah menyiapkan tim darurat untuk menjaga jaringan listrik dan pasokan bahan bakar minyak (BBM) untuk genset.

"Kami sudah siap menghadapi kondisi apapun walaupun kita tentu berharap itu tak terjadi," katanya.

Group Head Central Region XL Axiata Arif Farhan B. mengatakan, wilayah kerjanya yang mencakup Jawa Barat, Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta mengatakan, kesiapan jaringan juga telah dilakukan di sejumlah kantong wisata dan lokasi yang diperkirakan terjadi kepadatan manusia seperti jalan tol dan objek wisata.

"Kami sudah menginventarisasi lokasi mana saja yang akan menjadi penumpukan masyarakat saat liburan selain menyiapkan gerai agar masyarakat bisa membeli kartu XL," kata Arif.

Dikatakan secara umum untuk jaringan di wilayah kerjanya juga sudah siap menghadapi lonjakan trafik dibanding hari-hari biasa.

Baca juga: XL Axiata komitmen dukung pembangunan ekonomi digital

Baca juga: Sinyal 4G XL Axiata telah tersedia di sepanjang jalur MRT Jakarta

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023