Saat ini api sudah dapat dikendalikan
Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Jakarta Selatan (Jaksel) mengerahkan 85 personil untuk menangani kebakaran di kawasan Blok M Square.

Kepala Seksi Operasional (Kasiops) Sudin Gulkarmat Jaksel Syamsul Huda saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin, mengatakan kebakaran yang terjadi di Gedung Blok M Square, Jalan Melawai 5, Kebayoran Baru tersebut terjadi sekitar pukul 16.55 WIB dan petugas mulai memadamkan pukul 17.05 WIB.

"Dugaan sementara korsleting listrik antara lantai UG dan lantai satu di Gedung Blok M Square," kata Syamsul.

Ia menuturkan, mereka menurunkan delapan unit mobil kebakaran di bantu 11 unit mobil pemadam dari pos dan sektor di Jakarta Selatan ke lokasi kebakaran tersebut.

"Saat ini api sudah dapat dikendalikan dan tinggal mengurai asap di tempat kejadian kebakaran," tutur Syamsul.
 
Sejumlah warga menyaksikan petugas Sudin Gulkarmat memadamkan api saat terjadi kebakaran di Gedung Blok M Square, Jakarta, Senin (18/12/2023). ANTARA/Bayu Pratama Syahputra.


Asap hitam sempat menyelimuti kawasan Blok M Square. Para pengunjung yang sebelumnya berada di dalam gedung tampak berhamburan keluar untuk menyelamatkan diri.

Sejumlah pedagang juga keluar meninggalkan mall dengan membawa barang dagangan mereka.

Sekitar pukul 17.30, asap hitam tampak mulai menipis. Di lain sisi, masih banyak warga yang berkumpul di depan gedung untuk menyaksikan proses pemadaman.

Perwira Piket Gulkarmat Jakarta Selatan Triyanto mengatakan kebakaran itu diketahui saat ruang panel di lantai satu zona C parkir mengeluarkan asap sekitar pukul 16.44 WIB.

"Petugas Blok M Square kemudian menuju lokasi lalu membuka pintu panel 1C seketika asap tebal keluar, lalu dilakukan pemadaman menggunakan alat pemadam api ringan (apar) dan box hidran," katanya.

Triyanto menambahkan saat itu terlihat juga api dari exit tangga darurat belakang ruang panel jalur SAF Kabel Induk SDP. Kemudian dicoba dipadamkan oleh tim teknisi dan sekuriti gedung.

"Pihak Blok M Square menghubungi petugas Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Selatan sekitar pukul 16.55 WIB," tambah Triyanto.

Hingga pukul 19.30 WIB pihak Sudin Gulkarmat Jaksel masih melakukan upaya pendinginan dan mengurai asap di Blok M Square.

Baca juga: Kebocoran gas, sebuah rumah di Cipinang Muara hangus terbakar

Baca juga: RH bakar rumah di Kalideres karena tidak mau diceraikan

Baca juga: Satu orang tewas dan tiga luka berat akibat kebakaran di Tegal Alur

Pewarta: Bayu Pratama Syahputra
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023