Jakarta (ANTARA) - Aktivis Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Rizki Agus Saputra didampingi kuasa hukumnya melaporkan kasus pengeroyokan yang dialaminya di kawasan Duren Sawit ke Polres Metro Jakarta Timur pada Senin.

Dua pelaku telah dilaporkan ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polres Metro Jakarta Timur (Jaktim) di Jatinegara.

Sementara satu pelaku lainnya yang merupakan oknum anggota TNI telah dilaporkan ke Detasemen Polisi Militer (Denpom) Jaya II, Cijantung, Jakarta Timur.

Namun, oknum TNI yang ikut melakukan pengeroyokan pada Jumat (15/12) itu merupakan oknum TNI Angkatan Udara (AU) sehingga kasus itu akan dilimpahkan ke Polisi Militer (POM) Angkatan Udara.

"Sebelumnya kami sudah melaporkan oknum TNI itu ke Denpom Jaya, tetapi ternyata oknum TNI itu berdinas di AU sehingga berkasnya akan dilimpahkan ke Pomau. Informasi yang kami terima, terduga terlapornya Praka RA," kata Kuasa Hukum Rizki, Zainur Ridlo di Mapolres Metro Jaktim.

Baca juga: Sekelompok pemuda keroyok sopir taksi di Jakarta Timur

Belum diketahui pasti dua warga yang dilaporkan itu merupakan teman dari oknum anggota TNI AU itu karena proses penyelidikan masih berlangsung.

"Kami laporkan Pasal 170 KUHP (kekerasan secara bersama-sama). Untuk sementara ini identitas di pelaku sipil belum diketahui," kata Zainur.

Kendati demikian, pihaknya memiliki bukti rekaman kamera pengawas (CCTV) untuk mengungkap dua pelaku dari warga sipil tersebut. "Kita punya bukti petunjuk (identitas dua pelaku sipil) dari rekaman CCTV," ujarnya

Rencananya Rizki menjalani proses "visum et repertum" untuk keperluan alat bukti penyidikan Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Metro Jaktim ke RS Polri Kramat Jati.

Dia berharap dengan laporan yang dibuat di Polres Metro Jaktim dan Denpom Jaya kasus tersebut dapat terungkap. "Kami ingin perkara ini terang dan juga diusut dengan tuntas," katanya.

Baca juga: Polisi tetapkan lima tersangka pengeroyokan lansia di Cakung

Ketua Bidang Polhukam PP KAMMI Rizki Agus Saputra mengemukakan, akibat pengeroyokan itu dirinya mengalami luka lebam di bagian mata dan bagian pinggang kerap terasa sakit.

"Sampai saat ini saya merasakan sakit di bagian bawah mata, saat ini masih nampak biru, kemudian juga banyak di bagian pinggang," kata Rizki.

Dia berharap kasus yang menimpa dirinya dapat segera selesai sehingga kasus serupa tak dialami masyarakat lainnya.

Rizki menjadi korban pengeroyokan tiga orang pria di Jalan Delima, Duren Sawit, Jakarta Timur, pada Jumat (15/12).

Dari tiga pelaku, satu di antaranya masih menggunakan pakaian dinas TNI dan dari penyelidikan diketahui oknum itu anggota TNI AU, sementara dua pelaku lainnya pakaian bebas.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023