Jakarta (ANTARA) -
Juru bicara Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud Md, Chico Hakim, mengatakan bahwa pasangan calon nomor urut 3 termasuk pemimpin yang dekat dengan rakyat karena sama-sama terlahir dari keluarga sederhana.
 
"Keduanya bekerja keras untuk mencapai titik sukses dalam kehidupan. Mereka memahami betul rasanya hidup miskin, bagaimana berkeringat untuk membiayai hidup dan pendidikan, bagaimana memulai masuk dunia kerja dari bawah," ujar Chico dalam keterangannya di Jakarta, Senin.
 
Menurutnya, ideologi ini mendarah daging, sesuatu yang tidak bisa didapat secara tiba-tiba dan hal itu yang membuat mereka begitu dekat dengan rakyat, menaruh perhatian khusus pada kaum miskin dan rentan.
 
"Keduanya tahu program program apa yang tepat untuk mengangkat harkat martabat dan kesejahteraan rakyat,” kata Chico.
 
Chico mengatakan, tidak semua calon pemimpin memiliki pengalaman seperti itu. Mungkin karena tumbuh dari keluarga pengusaha dan atau pejabat.
 
Karena pengalaman panjang itu, lanjut Chico, Ganjar-Mahfud mampu membuat program pro rakyat dan sudah buktikan saat Ganjar menjabat Gubernur Jawa Tengah selama dua periode.
 
“Pak Ganjar dan Pak Mahfud adalah yang paling tepat untuk meneruskan legacy yang baik dari Pak Jokowi. Yang paling tepat juga memperbaiki apa yang kurang di bidang hukum, HAM, dan birokrasi. Karena pengalaman yang komprehensif, baik di kehidupan pribadi maupun di birokrasi,” ujarnya.
 
KPU RI pada Senin, (13/11), telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.
 
Hasil Pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada Selasa, (14/11), pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.
 
KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Kemudian, jadwal pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2023