Ribuan warga Banten padati pasar murah Ramadhan

Ribuan warga Banten padati pasar murah Ramadhan

Pasar Rakyat Petugas melayani warga yang membeli paket sembako, pada pasar rakyat di Semarang, Jateng, Rabu (24/7). Pasar rakyat yang digelar untuk memperingati HUT Provinsi Jateng dan menyambut Lebaran itu menjual sebanyak 2.100 paket sembako berisi beras, minyak goreng, dan gula pasir senilai Rp60.000 yang dijual seharga Rp15.000 per paket untuk membantu masyarakat kurang mampu. (ANTARA FOTO/R. Rekotomo)

Serang (ANTARA News) - Ribuan warga memadati Alun-alun Kota Serang, Sabtu, untuk membeli kebutuhan pokok di Pasar Murah Ramadhan yang diselenggarakan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Banten.

Pasar murah yang diselenggarakan Disperindag Banten bekerja sama dengan asosiasi retail serta Badan Kordinasi Organisasi Wanita (BKOW) Provinsi Banten, itu menyediakan kebutuhan pokok dengan selisih harga 20 sampai 30 persen lebih murah dibandingkan harga pasar.

"Kami ingin membantu masyarakat kelas menengah ke bawah untuk mendapatkan kebutuhan pokok di tengah naiknya harga-harga saat ini," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Banten Ranta Suharta.

Ranta mengatakan bahwa pasar murah tersebut diikuti sekitar 35 peserta yang menawarkan berbagai kebutuhan pokok dengan harga lebih rendah dibawah pasar dan terjangkau.

Pembelian kebutuhan pokok tersebut dilakukan dengan cara penukaran kupon seharga Rp25 ribu dan Rp20 ribu dengan paket kebutuhan pokok yang disediakan masing-masing pihak retail.

"Warga yang sudah memiliki kupon tinggal membayar paket sembako, sesuai dengan harga kupon yang disediakan," kata Ranta.

Selain sebanyak 1.700 kupon paket sembako yang disedialan pihak retail, juga ada 2.400 paket kebutuhan pokok dari organisasi-organisasi dibawah BKOW serta ada juga yang menjual secara langsung kepada masyarakat termasuk dari pihak pasar induk tanah tinggi Tangerang.

Sopiah salah seorang warga Pekarungan Kota Serang mengatakan, ia membayar paket sembako seharga Rp25 ribu berisi gula pasir satu kilo gram, minyak goreng kemasan satu liter, mie instan dua, susu kaleng satu serta satu kemasan teh celup.

"Saya bayar Rp25 ribu dapat satu paket, lumayan jika dibanding beli di luar ada selisih sekitar Rp10 ribu sampai Rp15 ribu," kata Sopiah.

Sebab, kata dia, jika beli di pasar harga minyak minyak kemasan Rp 11 ribu per liter, gula pasir Rp12 ribu per kilogram, susu kaleng sekitar Rp9 ribu ditambah teh sari wangi dan mie instant serta sirup.

Selain kebutuhan pokok, berbagai kebutuhan rumah tangga lainnya juga dijual di pasar murah tersebut seperti pakaian, alat dapur, sayur-sayuran serta barang-barang rumah tangga lainnya.

(M045/F002)

Pewarta: Mulyana
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2013

KSOP Kelas I Banten gelar padat karya bantu pulihkan ekonomi warga

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar