Serang (ANTARA) - Sejumlah warga asal Lampung yang merantau ke Kota Tangerang, Provinsi Banten mulai mudik ke kampung halamannya lebih awal sebelum tanggal 5 April 2024.
 
"Iya, saya pilih pulang sekarang, daripada nanti macet. Ponakan juga udah mulai libur sekolah," kata Putri Lestari salah satu pemudik asal Lampung saat ditemui di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak, Banten, Sabtu.
 
Warga Cipondoh, Kota Tangerang ini mengatakan bahwa saat ini mudik bersama dengan keponakan dan kakaknya. Sementara anaknya akan mulai mudik setelah libur kerja.
 
"Kebetulan anak masih di Tangerang, jadi nanti anak sama cucu nyusul abis libur kerja baru mudik," katanya.
 
Ia mengungkapkan untuk menuju kampung halamannya yang berada di daerah Kota Metro, Provinsi Lampung menempuh waktu kurang lebih tiga jam.  
"Kita berangkat dari rumah pagi tadinya mau naik bus tapi bus udah pada penuh semua. Akhirnya naik taksi online dari Tangerang sampai Pelabuhan Merak, nanti ada yang jemput di Bakauheni," ungkapnya.

Ia mengatakan memutuskan untuk pulang lebih awal karena jika nanti dilakukan mendekati Lebaran maka dikhawatirkan terjadi kepadatan kendaraan. Karena berkaca pada kejadian mudik pada tahun sebelumnya.
 
"Kalau tidak sekarang, nantinya pasti macet parah kaya tahun lalu juga itu pulang ke Lampung berasa lama banget karena kelamaan di jalan," katanya.
 
Sementara itu, pantauan di lapangan dari beberapa titik dermaga eksekutif maupun reguler di Merak, Banten, nampak pemudik pejalan kaki sudah mulai ramai melakukan mudik awal.

Baca juga: SPJM Pelindo siapkan 300 kuota mudik gratis

Pewarta: Desi Purnama Sari
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024