Wonosobo (ANTARA) - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep disambut Tari Lengger saat melakukan safari politik ke Wonosobo, Jawa Tengah, pada Senin (18/12).

Tiba di Pasar Selomerto, Kaesang bersama rombongan disambut ratusan warga yang telah menunggu kedatangannya. Para penari yang tengah bersiap kemudian mulai menampilkan tarian mereka ketika Kaesang memasuki tempat pertunjukan.

Tari Lengger merupakan tarian tradisional khas Daerah Wonosobo, Jawa Tengah. Moderator acara pertunjukan itu mengatakan bahwa kata "lengger" dari nama tarian tersebut berasal dari kata "eling" yang berarti ingat, dan "ngger" yang merupakan sebutan untuk seorang anak.

Kata "lengger" dari nama tarian tersebut memberikan pesan nasihat untuk selalu mengingat Tuhan sang Maha Pencipta.

Baca juga: Safari politik ke Semarang, Kaesang gandeng relawan Jokowi

Setelah menonton pertunjukan seni tari tersebut, Kaesang kemudian memperkenalkan diri. Dia juga menyampaikan terima kasih karena telah diberi kesempatan untuk menyapa warga.

"Terima kasih semuanya, sudah memberikan kesempatan setidaknya saya untuk berbicara di sini," kata Kaesang.

Setelah menyapa warga, Kaesang dan istrinya, Erina Gudono, juga menyempatkan diri untuk berfoto bersama warga dan membagikan buku tulis kepada anak-anak yang turut hadir menyaksikan pertunjukan.

Kunjungan Kaesang dan DPP PSI ke Wonosobo merupakan bagian dari safari politik ke 12 kota di Jawa Tengah dari 16-20 Desember 2023 untuk menyerap aspirasi masyarakat sekaligus menarik dukungan mereka.

Sebelum ke Jateng, Kaesang juga melakukan safari politik ke Medan, Kupang (Nusa Tenggara Timur), Manado (Sulawesi Utara), Bandung (Jawa Barat), dan beberapa daerah di Jawa dan Jakarta.

Baca juga: Blusukan ke Batang, Kaesang dengar keluhan warga soal kartu tani

Pewarta: Katriana
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023