Penghargaan ini adalah bentuk apresiasi pemerintah daerah atas jasa dan prestasi yang dicapai. Kami sangat bangga dan berterima kasih
Banyuwangi (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, memberikan penghargaan kepada warga inspiratif berbagai bidang termasuk mantan mantan bupati pada puncak peringatan Hari Jadi Ke-252 Banyuwangi (Harjaba), Senin.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani memberikan penghargaan kepada mantan Bupati Banyuwangi Ratna Ani Lestari periode 2005-2010 dan Abdullah Azwar Anas periode 2010-2021 yang kini menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PAN-RB).

"Penghargaan ini adalah bentuk apresiasi pemerintah daerah atas jasa dan prestasi yang dicapai. Kami sangat bangga dan berterima kasih," kata Bupati Ipuk.

Ia menjelaskan, warga penerima penghargaan memiliki latar belakang beragam mulai bidang sosial, pendidikan, kesehatan, olahraga, hingga penggiat lingkungan dan penerima penghargaan pada Hari Jadi Banyuwangi 2023 itu mulai pelajar hingga korporasi.

Bupati Ipuk menyampaikan bahwa pemberian penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi atas sumbangsih mereka bagi kemajuan Banyuwangi.

Mereka adalah orang-orang yang telah berkontribusi positif atas kiprah dan prestasinya yang membawa nama Banyuwangi di pentas nasional maupun internasional.

Salah satu penerima penghargaan bidang sosial adalah Misyati, yang merupakan bidan teladan penggerak pembangunan kesehatan masyarakat.

Misyati merupakan bidan senior yang memberikan pelayanan persalinan di salah satu wilayah terluar di Banyuwangi, Dusun Sukamade, Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran. Ia juga berhasil menekan angka kematian ibu dan anak hingga nol.

Ada pula anak-anak berprestasi Banyuwangi seperti Felicia Dahayu siswa kelas 5 SDN 1 Pesanggaran, yang meraih juara 1 Lomba Matematika tingkat nasional kategori individu. juga Yusril Ihsan Adintanegara siswa berprestasi juara 1 Olimpiade Sains Nasional.

Selain itu Aldhea Azarine Bharata siswi SDN 1 Mojopanggung, yang baru saja memenangkan Juara 1 lomba karate dunia di Portugal. Ada juga Ahmad Nadhif, bocah inspirator hafal Al Qur'an 30 juz yang menyelesaikan hafalannya di usia 7 tahun.

"Saya berharap prestasi yang diraih anak-anak ini bisa menjadi inspirasi bagi teman-teman pelajar lainnya. Jangan ragu untuk memiliki mimpi meraih prestasi hingga level dunia. Kuncinya adalah rajin belajar dan berlatih serta mau menjalani tantangan," kata Bupati Ipuk.

Penerima penghargaan lainnya yakni Hilman Syah Anwar sebagai tokoh muda bidang konservasi dan pembuat kapal pembersih laut, serta warga Banyuwangi inspiratif lainnya.

Penghargaan tersebut juga diberikan langsung oleh Ratna Ani Lestari dan Abdullah Azwar Anas.

"Kami rutin mengundang bupati periode sebelumnya, mengingat jasa besar mereka. Banyuwangi bisa seperti ini tak lepas dari pengabdian beliau," tutur Ipuk.

Baca juga: Pemkab Banyuwangi berdayakan pelaku UMKM lewat Festival Jazz Pantai
Baca juga: BPKP sebut Banyuwangj inspirasi kinerja pemerintahan

Baca juga: Empat artis ibu kota tampil memukau di Festival Jazz Pantai Banyuwangi
 

Pewarta: Novi Husdinariyanto
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023