Beijing (ANTARA) - Badan regulator pasar utama China pada Senin (18/12) meluncurkan serangkaian langkah untuk menstabilkan harga dan menjamin kualitas kebutuhan sehari-hari menjelang Tahun Baru dan liburan Festival Musim Semi.

Pengawasan terhadap pangan, produk industri, layanan kesehatan, dan barang-barang medis akan diperkuat guna memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat selama musim liburan itu, menurut Administrasi Negara untuk Regulasi Pasar China.

Secara khusus, pemantauan harga akan dilakukan secara daring dan luring untuk kategori-kategori yang mencakup makanan pokok seperti beras, sayuran, dan telur, serta akomodasi, transportasi, pasokan energi, dan obat-obatan, menurut administrasi itu.

Mengingat adanya gelombang dingin yang intens serta hujan lebat dan salju baru-baru ini, administrasi tersebut mendesak untuk meningkatkan sistem peringatan dini dan menyusun rencana kedaruratan guna mempersiapkan kemungkinan fluktuasi harga yang tidak normal dan kelangkaan barang yang disebabkan oleh perubahan cuaca.

Berbagai upaya juga harus dilakukan untuk menindak pelanggaran, termasuk permainan harga, guna memastikan kestabilan harga pasar pada akhir tahun ini dan awal tahun depan. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2023