Jakarta (ANTARA) -
Kementerian Agama menggelar perayaan Hari Amal Bhakti (HAB) Ke-78 pada 2-7 Januari 2024 dengan melibatkan warga untuk turut meramaikan berbagai macam kegiatan.

"Kita menggelar perayaan di luar Kemenag dengan sebuah tema besar Indonesia Hebat Bersama Umat," ujar Staf Khusus Menteri Agama Wibowo Prasetyo di Jakarta, Selasa.
 
Wibowo mengatakan pelibatan masyarakat untuk merayakan HAB ini merupakan yang pertama dilakukan oleh Kementerian Agama. Pada tahun-tahun sebelumnya, acara hanya dilakukan untuk internal saja.
 
Menurut dia, acara yang terbuka untuk publik ini akan semakin meneguhkan bahwa Kemenag hadir untuk rakyat lewat berbagai pelayanan yang lebih transparan.

Baca juga: 2.067 ponpes terima manfaat program Kemandirian Pesantren
 
"Kita ingin mengundang, mengabarkan kepada dunia bahwa kita punya acara besar. Ini adalah kegiatan pertama perayaan HAB dilaksanakan di luar Kemenag dengan menyertakan berbagai pemangku kepentingan yang erat kaitannya dengan Kemenag," kata dia.
 
Ketua Panitia HAB Ke-78 Kemenag Ahmad Zainul Hamdi menjelaskan pada 2 Januari 2024 akan berlangsung pembacaan doa dan puisi untuk Palestina oleh anak-anak lintas agama di Gedung Usmar Ismail, Jakarta.
 
Sementara pembacaan puisi akan melibatkan sastrawan dan seniman seperti Mustofa Bisri (Gus Mus), Sutardji Calzoum Bachri, dan Sosiawan Leak.
 
"Ada donasi untuk rakyat Palestina sekitar Rp26 miliar," kata dia.

Baca juga: Kemenag: Konferensi Moderasi Beragama hadirkan solusi konflik dunia
 
Kemudian pada 3 Januari 2024 akan berlangsung apel HAB di Tugu Proklamasi serta akan dilakukan serentak di Kemenag daerah. Selain itu, akan dilanjutkan kerja bakti bersih-bersih rumah ibadah.
 
Pada 4 Januari 2024, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas akan menggelar pertemuan dan memberikan arahan kepada 4.000 aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Kemenag.
 
Sebagai puncak acara pada 5-7 Januari 2024 digelar Devotion Experience (Dev-X) di JCC, Senayan, Jakarta. Acara ini akan menampilkan berbagai anjungan dari 11 satuan kerja Kemenag tentang program-program mereka serta program prioritas Kemenag.
 
Ajang Dev-X dikemas secara Pop Festival, menggabungkan antara dialog, edukasi, inovasi, inspirasi, serta jejaring dan hiburan.
 
"Dev-X akan menyajikan pameran kinerja 11 Unit Eselon I Kementerian Agama RI. Ada juga bazar yang melibatkan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah atau UMKM," kata dia.

Baca juga: Kemenag Jabar minta HAB ke-78 jadi ajang tingkatkan pelayanan umat
 
Dev-X juga akan dimeriahkan penampilan seni dan para artis Indonesia di bidang musik, serta penampilan para finalis Kemenag Talents Show. Selain itu, juga akan ada nikah massal untuk 78 pasangan, rencananya Wapres Ma'ruf Amin dan Menag Yaqut akan menjadi saksi nikah.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023