pemeriksaan secara menyeluruh penting dilakukan untuk mewujudkan keamanan, keselamatan, dan ketertiban selama libur akhir tahun
Jakarta (ANTARA) - Komisi B DPRD Provinsi DKI Jakarta mendesak Dinas Perhubungan DKI memeriksa kelaikan (ramp check) armada transportasi pubik beserta seluruh awak menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2024.

“Kegiatan pemeriksaan angkutan publik itu harus sudah dilakukan, jangan dadakan dan harus diantisipasi jauh-jauh hari,” kata anggota Komisi B DPRD DKI Hasbiallah Ilyas  di Jakarta, Selasa.

Ilyas menuturkan pemeriksaan secara menyeluruh penting dilakukan untuk mewujudkan keamanan, keselamatan, dan ketertiban selama libur akhir tahun.

Maka dari itu, dia mengimbau satu pekan sebelum momen liburan akhir tahun, Dinas Perhubungan DKI sudah menyiapkan personel di seluruh terminal dan pelabuhan untuk melakukan pengecekan.

“Keamanan dan kenyamanan calon pemudik itu faktor penting dan itu harus terlihat dari kesiapan armada di terminal maupun di pelabuhan,” tuturnya.

Selain armada, anggota Komisi B DPRD Provinsi DKI Jakarta Muhammad Taufik Zoelkifli menambahkan pemeriksaan kesehatan bagi pengemudi serta kernet juga penting dilakukan.

“Sopir dan kernet yang tidak sehat jangan dikasih izin jalan sampai yang bersangkutan dinyatakan sehat, baru dibolehkan jalan,” ujar Taufik.

Sementara, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menyatakan telah menggandeng Badan Narkotika Nasional (BNN), TNI, Polri maupun Dinas Kesehatan DKI Jakarta.

Personel gabungan itu diinstruksikan melakukan pengecekan armada dan pengemudi yang rencananya akan digelar selama dua minggu mulai 19 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024.

“Kita tentu berharap seluruh awak bus saat masa angkutan Natal dan tahun baru sudah siap beroperasi dan tidak ada kendala dari sisi kesehatan pengemudi dan memastikan awak bus bebas narkoba,” ucap Syafrin.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menerapkan kebijakan hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) pada malam tahun baru atau car free night di kawasan Sudirman -Thamrin.
 
"Tanggal 31 akan dilaksanakan car free night di Sudirman - Thamrin mulai pukul 19.00 WIB," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo di Polda Metro Jaya, Senin.
Baca juga: Petugas uji kelaikan bus di Terminal Kampung Rambutan jelang libur
Baca juga: Terminal Kalideres bentuk posko untuk kawal libur Natal dan tahun baru
Baca juga: KAI Daop 6 operasikan Kereta Luxury New Generation Solo Balapan-Gambir

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023