Jakarta (ANTARA) - Pengelola Terminal Kalideres di Jakarta Barat membentuk posko pengamanan terpadu bekerjasama dengan pihak terkait untuk mengawal libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Kita sudah melakukan persiapan-persiapan. Mulai hari ini persiapan pemasangan tenda posko pengamanan terpadu," ungkap Kepala Terminal Kalideres, Revi Zulkarnaen saat dihubungi di Jakarta pada Senin.

Revi mengatakan bahwa posko tersebut melakukan pengawasan terhadap perusahaan otobus (PO) serta lalu lintas penumpang mulai 19 Desember 2023 hingga 3 Januari 2024.

"Kita dibantu Polda Metro Jaya, Polres Jakarta Barat, Polsek Kalideres, kemudian Satpol PP dan dari Kodim Jakarta Barat," kata Revi.

Baca juga: Loket AKAP Terminal Kalideres beroperasi kembali usai direvitalisasi
Baca juga: Demi keselamatan, penumpang diimbau tak gunakan terminal bayangan


Selain itu, pihaknya bekerjasama dengan Suku Dinas Kesehatan (Sudinkes) Jakarta Barat juga akan melakukan pemeriksaan kesehatan bagi para sopir bus.

"Besok kita melakukan pemeriksaan kesehatan dan tes urine pengemudi. Kita dibantu juga oleh Sudinkes Jakarta Barat, Dinas Kesehatan DKI dan Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi DKI serta PT Jasa Raharja," kata Revi.

Pihaknya akan melakukan "ramp check" untuk memastikan kendaraan aman secara administratif dan secara teknis.

"Besok juga ada 'ramp check' juga dari pengujian untuk 30 kendaraan rute Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Sumatera. Besok mulai dan juga kita siapkan," kata Revi.

Pihaknya bekerjasama dengan Dinas Perhubungan DKI Jakarta dan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) serta beberapa lembaga lain untuk melakukan "ramp check" tersebut.

 

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023