Shanghai (ANTARA) - Shanghai Disney Resort, Selasa (19/12), membuka taman bertema Zootopia pertama di dunia seiring The Walt Disney Company berupaya untuk memanfaatkan lebih lanjut pasar pariwisata China yang sedang berkembang.

Taman tematik baru yang terinspirasi dari film produksi Walt Disney Animation Studios "Zootopia" itu resmi dibuka untuk umum pada Rabu, demikian diumumkan oleh Shanghai Disney Resort.

"Film Zootopia kami yang populer masih disukai para penggemar di seluruh dunia, terutama di China, dan kami tidak sabar memberikan kesempatan kepada para pengunjung di Shanghai Disney Resort untuk berinteraksi dengan cerita dan karakter yang mereka sukai dengan cara-cara baru yang inovatif saat mereka mengunjungi taman baru yang spektakuler ini," kata CEO The Walt Disney Company Bob Iger.

Zootopia, taman tematik ke-8 di Shanghai Disneyland, menandai ekspansi besar kedua dari Shanghai Disney Resort. Pembangunannya dimulai pada Desember 2019.

Shanghai Disney Resort dibuka dengan enam taman tematik pada 16 Juni 2016.

Disney Pixar Toy Story Land, taman tematik ke-7 menandai ekspansi besar pertama resor tersebut pada tahun 2018 dan menjadikan Shanghai Disneyland sebagai Disneyland dengan ekspansi tercepat di dunia.

"Selama masih ada imajinasi dan cerita di dunia ini, Shanghai Disney Resort tidak akan pernah berhenti berkembang," kata Chairman Disney Experiences Josh D'Amaro.

Shanghai Disneyland terbukti sukses besar, kata D'Amaro.

"Kami akan mencatat rekor di sini, setelah menyambut lebih dari 13 juta pengunjung pada 2023," katanya.

Walt Disney memutuskan untuk membangun taman bertema Zootopia di Shanghai setelah film tersebut meraih kesuksesan besar di China, kata Presiden sekaligus Direktur Pelaksana Disney Parks International Jill Estorino.

Di China, film Zootopia memecahkan rekor box office dengan menjadi film animasi feature impor berpendapatan kotor tertinggi sepanjang masa, serta merupakan sebuah gelar yang masih dipegang hingga saat ini, menurut Walt Disney.

"Saat kami melihat betapa populernya film Zootopia, betapa besarnya arti dan makna film tersebut bagi masyarakat China, kami segera berubah pikiran, dan memutuskan serta menciptakan konsep yang sangat baru untuk taman tersebut, yang terinspirasi film Zootopia," kata Estorino.

Dia menambahkan bahwa ide awal untuk taman tersebut terinspirasi dari karakter Mickey Mouse and Minnie Mouse.

Para eksekutif Walt Disney mengatakan raksasa hiburan itu selalu mengutamakan pasar China.

Pembukaan taman di Shanghai itu dilakukan setelah pembukaan taman bertema film Frozen pertama di dunia di Hong Kong Disneyland pada November.

Taman-taman tematik baru di Shanghai dan Hong Kong itu menggenjot pasar pariwisata Tahun Baru yang akan datang di Asia Timur.

Pembukaan dua taman tematik baru itu menunjukkan kepercayaan Disney terhadap pasar pariwisata China secara keseluruhan, serta pasar rekreasi lokal di kedua kota tersebut, kata Presiden Akademi Pariwisata China Dai Bin.

Taman bertema Zootopia tersebut dapat membantu meningkatkan dan memperkaya produk-produk pariwisata di Shanghai Disneyland, serta menarik lebih banyak wisatawan domestik maupun mancanegara, terutama anak-anak muda, ungkap Dai.

"Sebuah taman hiburan memiliki siklus hidup, dan hanya melalui inovasi berkelanjutanlah siklus hidup itu dapat diperpanjang dan mendapatkan vitalitas baru," ujar Dai.

Pewarta: Xinhua
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023