Makassar (ANTARA) - Rektor Universitas Hasanuddin Prof Dr Jamaluddin Jompa MSc dan Duta Besar Perancis untuk Indonesia H.E Fabien Penone, membahas penguatan kerja sama bilateral di bidang pendidikan dan penelitian.

Prof Jamaluddin Jompa (JJ) dalam keterangannya di Makassar, Rabu, menyampaikan apresiasinya atas komitmen Prancis dalam mengembangkan kerja sama dengan Unhas.

Dirinya juga menyambut hangat kedatangan Duta Besar Prancis di Unhas.

Prof JJ menekankan pentingnya kolaborasi internasional dalam meningkatkan kualitas pendidikan tinggi dan penelitian di Indonesia.

Salah satu poin utama yang dibahas dalam pertemuan tersebut adalah peningkatan kerja sama dalam program pertukaran mahasiswa dan penelitian bersama antara Unhas dan perguruan tinggi di Prancis.

Keduanya sepakat untuk meningkatkan mobilitas mahasiswa dan penelitian bersama guna mendukung pertumbuhan intelektual dan inovasi di kedua negara.

Baca juga: Unhas-Kedubes Polandia jajaki kerja sama kebudayaan dan pendidikan

Baca juga: Unhas dan ICRAF Indonesia bahas potensi kerja sama program MBKM


Dalam konteks riset, keduanya sepakat untuk mendorong kolaborasi dalam bidang-bidang penelitian yang strategis, seperti keberlanjutan lingkungan, kesehatan, dan inovasi teknologi.

Dengan memanfaatkan kekuatan dan keahlian masing-masing pihak, diharapkan kerja sama ini dapat menghasilkan kontribusi positif bagi pengetahuan dan solusi terkait isu-isu global.

Sementara Duta Besar Prancis Fabien Penone, mengapresiasi semangat dan komitmen Unhas dalam memajukan pendidikan tinggi dan riset di Indonesia.

"Kerja sama ini akan mempererat hubungan antara kedua negara dan melahirkan generasi yang terampil dan siap menghadapi tantangan global," katanya.

Pertemuan antara Rektor Unhas dan Duta Besar Prancis ini diharapkan menjadi langkah yang baik untuk pengembangan hubungan bilateral yang lebih kuat di masa depan.

Peningkatan kerja sama di bidang pendidikan dan penelitian diharapkan akan memberikan dampak positif tidak hanya bagi Unhas dan Prancis, tetapi juga bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi secara global.

Baca juga: Unhas-Murdoch University Australia kerja sama riset teknik kelautan

Baca juga: Unhas - San Diego University kerja sama inbound profesor dan mahasiswa

 

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023