Kunjungan ini merupakan langkah penting untuk membangun sinergi yang lebih erat antara kedua negara dalam hal pendidikan tinggi dan pertukaran budaya
Makassar (ANTARA) - Perwakilan Bidang Promosi dan Kebudayaan Kedutaan Besar Republik Polandia Monica Firlus, melakukan kunjungan ke Universitas Hasanuddin dalam rangka promosi penjajakan kerja sama di bidang kebudayaan dan pendidikan di Makassar, Selasa.

Kunjungan ini merupakan langkah penting untuk membangun sinergi yang lebih erat antara kedua negara dalam hal pendidikan tinggi dan pertukaran budaya.

Wakil Rektor Bidang Kemitraan, Inovasi Bisnis, dan Kewirausahaan Unhas Prof Dr Eng Adi Maulana, ST MPhill, menyambut baik rencana inisiasi pemberian beasiswa bagi mahasiswa Universitas Hasanuddin untuk melanjutkan studi di Polandia.

Baca juga: 251 dosen Unhas ikut uji sertifikasi penulis-editor buku oleh BNSP

Ia berharap hal ini akan membuka peluang pendidikan internasional yang lebih luas bagi mahasiswa serta memperkuat hubungan antara kedua negara.

Lebih lanjut Prof Adi mengungkapkan keseriusan Unhas dalam memperluas kerja sama dengan Polandia. Hubungan yang erat antarbangsa adalah kunci untuk mencapai kemajuan dalam berbagai bidang, terutama pendidikan dan kebudayaan.

Selain membahas pemberian beasiswa, delegasi dari Kedutaan Besar Republik Polandia juga membahas kemungkinan kerja sama kemitraan antara Unhas dan institusi pendidikan di Polandia.

"Kerja sama ini diharapkan dapat memperluas akses mahasiswa dan dosen untuk meningkatkan kualitas akademik dan penelitian," ujar Monica.

Baca juga: Unhas-Kemenkeu hadirkan dialog literasi keuangan

Lebih lanjut delegasi dari Polandia ini juga berbicara tentang potensi pertukaran kebudayaan antara mahasiswa dan budayawan kedua negara.

"Pertukaran kebudayaan diharapkan dapat memperkaya wawasan, pengalaman, dan toleransi lintas budaya di antara mahasiswa Universitas Hasanuddin dan masyarakat Polandia," harap Perwakilan Bidang Promosi dan Kebudayaan Kedubes Republik Polandia ini.

Pada kesempatan yang sama, Kepala UPT Perpustakaan Universitas Hasanuddin juga turut hadir dalam pertemuan tersebut. Mereka membahas kemungkinan kerjasama di bidang perpustakaan, pertukaran literatur, dan akses ke sumber daya ilmiah antara kedua institusi.

Kunjungan ini memberikan harapan baru bagi mahasiswa Universitas Hasanuddin untuk mengembangkan potensi akademik mereka di tingkat internasional. Hal ini sejalan dengan visi Universitas Hasanuddin untuk menjadi pusat pendidikan unggulan yang berorientasi global.

Melalui kerja sama ini, diharapkan terbentuk sinergi yang kuat antara Universitas Hasanuddin dan Polandia untuk mendorong kemajuan pendidikan, inovasi, dan pertukaran budaya di masa depan.

Baca juga: Sekjen Kemenaker paparkan tantangan ketenagakerjaan era kekinian

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023