Jakarta (ANTARA) - Penyanyi rap Inggris Stormzy dan solois Clairo akan turut ambil bagian dalam sebuah pertunjukan konser musik penggalangan dana di Amerika Serikat untuk membantu krisis kemanusiaan yang terjadi di Gaza dan Sudan.

Stormzy dan Clairo menjadi dua dari sekian banyak penampil yang tergabung dalam The Artists For Aid pada perhelatan yang akan digelar di Newark Symphony Hall, New Jersey, pada 4 Januari mendatang, seperti dikabarkan laman NME, Selasa (19/12).

Selain Stormzy dan Clairo, akan hadir pula beberapa seniman di antaranya Omar Apollo, 6lack, 070 Shake, Charlotte Day Wilson, Mohammed El Kurd, dan Nick Hakim, serta sejumlah nama istimewa yang akan diumumkan kemudian.

Baca juga: Doja Cat dan Stormzy dikabarkan akan isi lagu tema "Black Panther 2"

Pertunjukan amal tersebut dipelopori oleh penyanyi rap dan penyair Mustafa dari Sudan. Lewat unggahan di Instagram, Mustafa menulis bahwa mereka bekerja tanpa kenal lelah untuk mempersembahkan aksi tersebut kepada dunia.

“Rasa lelah kami tidak berarti sedikit pun dibandingkan dengan apa yang akan kami suarakan. Beberapa tahun terakhir, saya mengunjungi tanah air saya yaitu Sudan dan Palestina. Kunjungan saya memiliki tujuan utama untuk terhubung dengan komunitas seniman dan organisator muda guna menyuarakan kesedihan, harapan, dan keyakinan,” tulis Mustafa.

Rencananya, hasil dana yang terkumpul dari pertunjukan tersebut akan disalurkan melalui Human Concern International yang merupakan organisasi bantuan internasional Muslim-Kanada pertama di Kanada.

Organisasi nirlaba tersebut telah bergerak selama 40 tahun dengan memberikan bantuan kemanusiaan dalam bentuk makanan, air, perawatan anak yatim piatu, pendidikan, dan layanan penting lainnya. Human Concern International akan memastikan aliran bantuan yang aman dari Mesir ke Gaza dan Sudan.

Baca juga: Supermodel Gigi Hadid kutuk perang Hamas vs Israel

Baca juga: Bella Hadid donasikan seluruh gajinya dari pekan mode untuk Ukraina

Baca juga: Konser Kemanusiaan Palestina diisi dengan lelang barang bersejarah

Penerjemah: Ahmad Faishal Adnan
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023